Rabu, 06 Maret 2013

BERMAIN BARENG SI KECIL : MEMANCING DENGAN KERTAS BERPEREKAT (STICKY NOTE)




Alat dan Bahan:
- Kertas berperekat (sticky note)
- Krayon /Pensil warna

Yuk main bareng si kecil. Kali ini, kita memancing dengan kertas berperekat alias sticky note. Aktivitas sederhana ini cocok bagi si kecil yang sedang senang-senangnya menyentuh atau memegang bermacam benda dengan tangan mungilnya.

Ambil beberapa lembar sticky note warna warni. Dengan krayon gambarlah ikan berbagai bentuk , besar maupun kecil. Sisakan pula beberapa lembar tetap kosong (tanpa gambar). Letakan lembaran sticky note bergambar tersebut di lantai atau permukaan meja, dengan bagian berperekat menghadap ke atas.


Perlihatkanlah terlebih dahulu cara "memancing" ikan kepada batita kita. Angkat tangan kita lalu letakkan telapak tangan kita dibagian kertas berperekat tadi. Kemudian angkat telapak tangan kita dan tunjukkan bagian kertas yang bergambar ikan pada si kecil dan katakan padanya, "Lihatlah, bunda berhasil memancing seekor ikan kecil/besar". Lakukan lagi, tetapi kali ini tempelkan telapak tangan kita pada kertas yang tanpa gambar. Saat mengangkat telapak tangan, katakan pada si kecil, "kali ini, Bunda tak berhasil mendapat ikan."

Sekarang, berilah batita kita giliran memancing. Biarkan ia merasakan kertas yang menempel dan minta ia mengatakan (atau ajak ia memberi tanda) sesuatu saat ia berhasil memancing seekor ikan atau saat ia tidak berhasil memperoleh ikan. Lakukan tberganti-ganti hingga seluruh kertas berhasil "dipancing" atau hingga si kecil terlihat bosan..:).
Kita bisa juga mengajaknya berhitung bersama, yaitu menghitung jumlah ikan-ikan yang berhasil dipancingnya.


Saran:
- Jika batita kita kelihatan lebih tertarik pada sticky note yang berwarna warni, tak mengapa. Biarkan ia menggambarkan perasaannya saat tangannya menempel pada benda berperekat, bagaimana saat kertas menempel dan warna apa saja yang ia lihat. Atau biarkan si kecil memperhatikan kita bermain dan ajaklah ia turut menghitung bersama jumlah ikan yang berhasil kita "pancing". Kali lain, ia mungkin akan mengingat betapa senangnya kita saat memancing ikan dan tertarik untuk mencobanya sendiri. 
- Untuk anak yang lebih besar (balita), kita bisa mengajaknya menggambar ikan-ikan pada sticky note, berlomba memancing dan menghitung bersama.

Selamat memancing..:)).


sumber : http://www.toddlertoddler.com/

Ide bermain lainnya :
Bersenang-senang dengan kotak marker

Tidak ada komentar:

Posting Komentar