Senin, 14 April 2014

Sex Education For Young Children : How to start?

Sama seperti kebanyakan orang tua lain, saya termasuk yang perlu berpikir keras menemukan cara mengangkat tema pendidikan sex bagi anak-anak. Termasuk didalamnya, memilih-milih waktu yang tepat untuk mulai membiacarakannya.

Dari berbagai literatur yang saya baca dan pembicaraan dengan sesama ibu, saya memilih satu cara memulai dan masih terus saya gunakan sampai sekarang. Cara yang bagaimanakah itu? Hmm, saya menyebutnya cara yang "natural".

Setiap hari sebenarnya selalu ada saja momen yang bisa kita pakai untuk mulai membicarakan masalah sex dan sexualitas pada anak-anak. Ambillah contoh, saat ayah dan bunda dan anak-anak berada di satu ruang keluarga, di hari keluarga. Kesempatan ini jadi saat yang paling sempurna untuk membuka pembicaraan tentang pendidikan sex bagi anak-anak usia dini.

Momen lainnya misalnya saat kita mengajak anak-anak mengunjungi tante yang sedang mengandung, atau baru saja melahirkan bayi. Kita menjadikan momen itu untuk memulai pembicaraan tentang sex dengan si usia dini. Intinya adalah, sediakan waktu berbicara, siapkan suasana yang santai dan ambillah "inisiatif " untuk memulai diskusi tentang sex dengan anak-anak. Buka pikiran dan yakinkan diri terlebih dahulu, bahwa sebaik-baiknya pendidikan adalah yang diberikan dan dimulai dari orang tua, bukan dari yang lain, termasuk didalamnya pendidikan tentang sex. Bukankah kita yang lebih memahami anak-anak kita sendiri? Maka selayaknya kita yang memulainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar