Kamis, 03 April 2014

Main-Main Matematika : Mengenal Statistika Sederhana

Seusai acara iseng kami memanggang cup cake pisang di sore hari, kami masih menyisakan beberapa lembar wadah cup cake dari kertas yang berwarna-warni, ada ungu, biru, kuning dan merah. Dan..jadilah acara main-main matematika di dapur saya berakhir pada pengenalan teori statistika sederhana, begini ceritanya.. :)

Saya ajak putri saya yang kedua (7 th) untuk menyortir dan mengelompokkan wadah cup cake tersebut berdasar warnanya. Selain itu, ia harus memberi nomor pada setiap alas wadah cup cake, berurutan, hingga setelah usai, ia mengetahui berapa jumlah wadah cup cake pada masing-masing kelompok warna. Kemudian, ia saya minta untuk menempelkan wadah-wadah cup cake kertas itu di atas sehelai kertas folio, tentu saja sesuai dengan kelompok warnanya. Hasilnya terlihat seperti ini :

Berdasarkan susunan wadah cup cake seperti pada gambar di atas, saya ajak putri saya untuk mengobservasi  bersama serta memintanya menjawab pertanyaan-pertanyaan sederhana seperti:
  1. berapa jumlah total semua wadah cup cake kertas yang ada?
  2.  kelompok warna apa yang memiliki jumlah paling sedikit?
  3. kelompok warna apa yang memiliki jumlah paling banyak?
  4. dst.
Dengan hanya memperhatikan sekilas hasil prakaryanya, putri saya dengan mudah bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Saya pun kemudian melanjutkan dengan mengenalkannya pada bentuk diagram batang (histogram) yang bentuknya mirip dengan prakarya dari wadah cup cake kertas ini. 

gambar diunduh dari : http://cdn.ttgtmedia.com/

Dengan cara sederhana ini saya sudah berhasil mengenalkan konsep  populasi (total semua wadah cup cake kertas), konsep pengelompokkan data (penyortiran per kelompok warna), dan salah satu bentuk penyajian hasil pengelompokkan data yang dikenal dalam ilmu statistika dalam waktu yang singkat dan dengan cara yang disukai anak-anak.

Jadi, siapa bilang, belajar matematika itu "wajib" serius dan menegangkan?..:p..dari dapur pun kita bisa melakukannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar