Rabu, 28 Agustus 2013

Math on The Road (2) : Mengenal Bentuk Geometri Sederhana

Matematika itu menjadi menarik bagi anak-anak, manakala mereka tak sengaja menemukan aplikasinya dalam kehidupan nyata. Saat mendampingi anak-anak menuju sekolah mereka, misalnya, saya seringkali terlibat obrolan santai yang penuh muatan materi belajar matematika.

"Atap rumah itu kayak segitiga ya Bun," kata Little Ayomi sembari menunjuk atap rumah penduduk yang kami lewati saat berkendara pagi menuju sekolah.
Saya mengangguk.
"Dan, itu, kotak minuman dingin itu bentuknya apa dek?" tanya saya melanjutkan sambil menunjuk kearah kotak berwarna merah yang biasa digunakan pemilik warung menyimpan minuman dingin.
"Oooo, that's rectangle..i know it..:) " seru putri saya dengan senang.
"And that one, " katanya melanjutkan menunjuk serentetan bola warna warni yang digantung didepan toko mainan yang kami lewati, "Those are circle.." katanya.

Dan begitu seterusnya. Kadang putri saya, saking semangatnya menemukan bentuk-bentuk lainnya selain bentuk dasar semacam bujur sangkar atau persegi panjang dan lingkaran. Ia juga bisa mengidentifikasi bahwa dalam sebuah bangunan rumah beragam bentuk menjadi komponennya. Ada segitiga, segi empat, lingkaran, belah ketupat, bahkan segi enam dan segi delapan (ia menemukannya dalam bentuk lampu yang terpasang di atas pagar rumah tetangga kami).

Obrolan sederhana, menjadi pembuka acara belajar kami setiap hari. Mengenal bentuk salah satunya. Bagi anak-anak usia balita hingga mereka yang duduk di kelas dua sekolah dasar, obrolan semacam ini cukup membantu dalam memperkenalkan konsep bangun dua dan tiga dimensi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar