Selasa, 25 Juni 2013

Talk to My Pre teen: Bagaimana Membangun Komunikasi Efektif Dengan Si Pra Remaja?

gambar diunduh dari : https://rivvid.com/


Bicara dengan remaja kita di rumah memang gampang-gampang susah. Dibilang sulit kadang memang begitu, meski jika kita buat mudah tentu saja bisa .


Dalam rangka memahami si sulung yang mulai memasuki usia remaja, saya harus mencicil belajar lebih jauh soal komunikasi efektif dengan anak-anak seusianya. Meskipun selama ini saya merasa tak ada masalah yang berarti saat harus berkomunikasi dengannya, tetap saja belakangan ini saya mulai sering grogi sendiri, sebab mulai dari topik pembicaraan, kosa kata dan gaya bicaranya, sulung saya jauh berubah dibanding hari-hari kemarin saat ia masih menjelma menjadi “putri kecil bunda”.


Hasil belajar saya, saya rangkum dalam beberapa tulisan pendek berikut ini. Sila turut menyimak, mudah-mudahan ada manfaat yang bisa sama-sama kita ambil sebagai bunda saat harus menjalin komunikasi dengan anak yang mulai menginjak usia remaja.

   
Apakah komunikasi yang efektif itu?

Komunikasi yang efektif adalah bentuk pertukaran pikiran, ide-ide dan informasi yang melibatkan sarana verbal maupun non verbal sehingga masing-masing [ihak yang berkomunikasi dapat memahami dan dapat bertindak  sesuai dengan apa yang telah dikomunikasikan dengan cara yang benar.

    
   Saat orang tua berkomunikasi secara efektif dengan remajanya , maka sang remaja akan memiliki dasar yang kuat untuk tumbuh dan berkembang karena mereka percaya akan hal-hal sebagai berikut: 
  

  1. Orang tua mereka akan aktif mendengarkan, hal ini memperlihatkan pada mereka bahwa apa yang  menjadi pusat perhatian mereka sebagai remaja  didengar oleh orang tua.
  2. Pikiran-pikiran, ide-ide dan perasaan sang remaja menjadi perhatian orang tua, sekalipun sang anak tak berhasil mencapai apa yang dikehendakinya.
  3. Pesan-pesan yang diperoleh dari orang tua jelas dan tidak bercampur aduk dengan sinyal yang kemungkinan sulit dimengerti oleh remaja.

Dengan adanya tiga poin penting yang terkandung dalam komunikasi efektif tersebut di atas maka masalah-masalah dan kondisi yang datang kemudian akan lebih mudah terpecahkan. Kebiasaan emnerapkan komunikasi efektif dengan remaja kita akan mengurangi kadar tekanan dalam komunikasi maupun hubungan dengan mereka. Pada tahap kehidupan anak kita, saat mereka mulai menunjukkan kemandirian namun sebaliknya kita sebagai orang tua masih belum yakin untuk melepas mereka sepenuhnya, kemampuan kita dalam berkomunikasi efektif dengan mereka menjadi hal pertama yang penting kita kuasai.


Hal penting lainnya yang perlu diperhatikan dalam membangun komunikasi dengan remaja kita dirumah adalah menjadikannya rutinitas.


Rutinitas memberikan rasa aman baik bagi orang tua maupun anak dalam keseharian. Saat kita menetapkan membangun komunikasi rutin dengan anak, hal tersebut lambat laun menjadi mudah semudah kita mengucapkan selamat tidur padanya :) .

referensi:
http://parentingteens.about.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar