Jumat, 12 April 2013

CAREER DAY : Mengenalkan Anak Pada Beragam Profesi Di Dunia Kerja

gambar diunduh dari : http://aslswarriorspirit.com

 Career Day, adalah satu hari dalam periode tertentu dimana saya bisa mengajak anak-anak saya mengenal lebih jauh salah satu (atau beberapa) macam profesi yang dilakoni orang dewasa dalam dunia kerja. 

Ide utamanya tetaplah "belajar sambil bermain", dalam hal ini, anak-anak saya ajak mengenal beragam profesi /jenis pekerjaan dengan langsung melakoninya sambil bermain.

Salah satu contoh adalah saat saya ingin mengenalkan anak pada profesi mereka yang berkecimpung di dunia kuliner, saya akan ajak mereka beraktivitas di dapur.

Sambil mengeksplorasi dapur, saya ajak mereka mengingat pengalaman mereka saat diajak menikmati makan malam bersama di restoran cepat saji, misalnya. Akan saya tanyakan pada anak-anak, siapa saja yang mereka lihat di restoran tersebut selain banyaknya pengunjung.

Mereka akan dengan cepat menyebutkan orang-orang lain dengan beragam aktivitas khasnya, seperti kasir di counter pembayaran, juru masak di dapur, para pelayan yang mengantarkan makanan dan minuman ke meja pelanggan, para pencuci peralatan makan yang kotor atau petugas khusus yang menjaga kebersihan.

Saya lantas akan menawarkan pada mereka hendak melakoni peran yang mana, dan kami pun lalu bermain peran sesuai profesi yang dipilih. Kakak menjadi sang juru masak, adik menjadi pelayan, dan saya menjadi kasirnya. Sementara itu ayah dan adik bayi menjadi pelanggannya.

Saya rancang sebuah menu sederhana yang memang memungkinkan disiapkan oleh kakak, misalnya membuat pancake atau menggoreng telur mata sapi. Dengan demikian, kakak akan benar-benar bisa melakoni perannya seperti layaknya juru masak sungguhan. Begitu pula dengan sang adik, saya akan membekalinya dengan buku catatan kecil dan bolpoin untuk digunakannya mencatat pesanan pelanggan, memintanya menyiapkan piring dan gelas saji dan memberinya nampan untuk membawa makanan atau minuman yang siap antar.

Di meja kasir saya juga menyiapkan uang kertas dari permainan monopoli (terkadang malah uang sungguhan), dan meminta adik membantu menyerahkan uang kembalian dan kadang juga memintanya menghitung ulang uang pelanggan dan kembaliannya. Seru kan? Membantu kasir menjadi ajang berlatih hitungan sederhana matematika.Kakak dan adik juga akan membantu saya membereskan dapur kala "restoran kami" tutup.

Lewat permainan dan praktik sederhana, anak-anak lebih mudah mengenal dan memahami jenis pekerjaan dan alur kerja di dunia nyata. Jauh lebih menyenangkan dari sekedar mengamati atau membacanya lewat buku..^^..Cobain deh...;)..

Tips :
Sebelum bermain peran, tentukan dulu jenis profesi yang ingin diperkenalkan pada anak, dan siapkan pernak pernik yang dibutuhkan untuk membuatnya benar-benar "terasa nyata"


2 komentar:

  1. kereeeen..seneng bacanya ..kebayang serunya ^^

    BalasHapus
  2. hai bunda..^^ trima kasih sudah singgah..sila berbagi hal2 yang seru juga..:)

    BalasHapus