Sabtu, 02 Februari 2013

TIPS MENGARANG BUAT SI KECIL


Si kecil dirumah sudah lancar membaca dan menulis? Tentu bunda ingin mereka mekin berkembang kemampuan literasinya ya? Salah satu cara yang saya lakukan untuk mendorong anak-anak makin mengembangkan kemampuan mereka dalam memahami bacaan dan bisa menuliskan secara sistematis buah pikiran mereka adalah dengan membuat catatan harian atau mengarang bebas.

Berikut beberapa tips mengarang untuk anak-anak yang saya ambil dari salah satu edisi Bee Magazine terbitan tahun 2005..(sudah lama banget ya ^^..tapi masih bermanfaat kok hingga sekarang). Yuk disimak :

Ajak anak menuliskan tiap pikiran yang terlintas dalam benak mereka dalam bentuk kalimat sederhana untuk disusun sebagai kerangka karangan.

Pilihlah topik-topik yang telah disusun saat membuat kerangka karanganMintalah anak untuk melihat-lihat lagi kerangka karangan yang pernah mereka buat sebelumnya. Minta anak mengurutkan sesuai kronologi atau urutan waktu, untuk menentukan mana tema yang ingin ia ceritakan terlebih dahulu.

Catatlah kata-kata AJAIB ini : paparan – tegangan – klimaks – penyelesaian. Empat kata ajaib tadi sering disebut urutan alur cerita. Cerita yang sederhana biasanya dimulai dengan :

  • Paparan, yaitu kisah atau pejelasa tentang para tokoh atau kejadian.
  • Tegangan, yaitu ketika cerita kita sudah kita beri konflik atau pertetagan antar tokoh.
  • Klimaks, konflik atau pertentangan sangat meruncing.
  • Penyelesaian, yaitu ketika konflik atau pertentagan sudah mereda bahkan sudah terlihat penyelesaiannya.

Berlatih mengembangkan tiap tema kerangka karangan.

Berlatih membuat cerita dengan mengingat empat kata ajaib tadi.

Selamat menulis bersama anak-anak..^^..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar