Jumat, 04 Januari 2013

Tumbuh dan Belajar Ditengah Keluarga : Beberapa Area Ynag Penting Dipelajari Anak (Bagian Ke-2 dari 2 tulisan)

Pada bagian pertama telah diuraikan empat area yang penting dipelajari anak sejak usia dini. Berikut adalah lanjutan dari beberapa area lain yang juga tak kalah pentingnya untuk dipelajari:

5. Komunikasi
Komunikasi adalah satu dari bagian terpenting dalam kehidupan kita sehari-hari. Komunikasi mencakup pemahaman tentang apa yang kita lihat, dengar dan baca dan  bagaimana kita menyampaikan pesan-pesan kepada orang lain dengan cara-cara yang dapat dimengerti oleh mereka. Anak perlu mempelajari kata-kata dalam proses mereka berpikir dan belajar.
  • Mulailah dengan membuat hubungan dengan kata-kata terasa menyenangkan melalui berbagai aktivitas yang menyenangkan seperti bernyanyi, mendongeng atau sekedar berima
  • bicaralah pada bayi dan batita kita dirumah saat kita melakukan sesuatu, katakan padanya apa yang kita lakukan dan tanyakan pada si kecil tentang idenya
  • ajak anak membaca bersama atau mendengarkan cerita sejak usia dini. Bahkan bayi pun memperoleh manfaat dari mendengarkan suara kita
  • yang terpenting adalah teruslah berbicara pada anak di setiap kesempatan dan dengarkanlah anak dengan sungguh-sungguh saat ia berbicara pada kita.
6. Kreativitas
Kreativitas adalah cara anak mengekspresikan ide, pikiran dan perasaan. Anak berusia dini dipenuhi rasa igin tahu dan ide yang tak habis-habis. Sekali anak dapat bergerak, ia akan senang bereksplorasi dan melakukan bayak hal dengan cara berbeda. Dengan menerima idenya dan hal-hal yang ia coba lakuan, kita dapat mendorong anak utuk mengembangan diri, mengambil risiko baru dan membantunya untuk maju.
  • Ajak anak menikmati hiburan khusus ana seperti menyaksikan film, lukis wajah atau menghadiri konser musik anak
  • dorong anak untuk bernyanyi dan menari, bermain peran dan selalu kreatif
  • sediakan kardus-kardus kosong dan macam-macam pakaian untuk bermain peran
  • sediakan kertas, pensil, pensil warna dan playdough
  • koleksilah lembaran daun, bulu-bulu, kertas, kain perca dan lain sebagainya untuk dibuat prakarya yang dapat ia pajang dikamarnya.
7. Berpikir
Proses berpikir termasuk melihat, mendengar, bertanya dan mencoba sesuatu dan mengambil keputusan. 

Anak memerlukan waktu agar dapat mencoba sesuatu terus menerus hingga berhasil. Terkadang saat anak frustasi karena tak berhasil melakukan sesuatu, ia memerlukan bantua dari orang tuanya.

Untuk membantu anak mempelajari proses berpikir, kita dapat :
  • berbicara pada anak saat kita sedang dalam proses melakukan sesuatu, semisal: "bunda mencopot jaket ini, karena udara mulai panas," atau " perlu waktu yang agak lama untuk sampai ke halte bus, karena jaraknya cukup jauh dari rumah kita."
  • memberi anak barang-barang untuk disortir dan dicocokkan, misalnya sepasang kaus kaki atau butiran kelereng warna warni.
  • menyusun puzzle bersama.
  • menyediakan ragam balok mainan untuk disusun.
  • menceritakan lelucon yang dipahami anak.
  • bertanya pada anak apa yang ia pikirkan tentang suatu hal tertentu.
8. Mengenal Lingkungan
Anak cenderung suka bermain dan bereksplorasi dengan alam seperti bermain di halaman, taman atau pantai. Disaat bersamaan anak akan belajar mengenali benda-benda yang dibangun disekitarnya semisal jalan raya, rumah-rumah, toko dan gedung sekolah. Anak akan belajar dari kita saat kita mendaur ulang sesuatu atau membersihkan halaman.
  • Biarkan anak bereksporasi diluar rumah. Mungkin ia akan bermain kotor-kotoran dengan pasir, tanah dan air. Aktivitas ini termasuk tahap penting bagi anak saat bereksplorasi mengenai alam sekitar.
  • Bicaralah pada anak tentang pohon dan bunga, cuaca, langit, bulan, burung dan ikan serta makhluk hidup lain yang mungkin ia temukan disekitarnya.
  • Ajak anak menemukan dan mengamati serangga di kebun atau taman, namun hindari ia memegang atau menyakitinya.
  • Ajak anak menanam pohon dan bunga serta mengamatinya tumbuh.
  • Perlihatkan pada anak bagaimaa cara membangun rumah dan jelaskan mengapa ia hanya boleh mengawasinya dari kejauhan.
  • Ajak ia mengeksplorasi lingkungan lain semisal berjalan kaki di kompleks perumahan tetangga atau bermain di taman bermain yang sedikit jau dari rumah.

9. Tekhnologi
Tekhnologi berkembang disekitar kita dan membantu kita menjalani hidup dengan lebih mudah. Benda-benda seperti gunting, mesin cuci, ketel, pompa sepeda, mobil dan komputer adalah bagian dari tekhnologi. Tekhnologi adalah sesuatu yang terkait pemecahan masalah semisal bagaimana memotong material tertentu atau memperbaikinya.

Kita dapat membantu anak berpikir tentang teknologi saat kita:
  • berbicara pada anak tentang alat-alat yang kita gunakan saat melakukan suatu pekerjaan dan menjelaskan bagaimana alat tersebut sangat membantu kita
  • berbicara mengenai macam-macam cara yang dapat dilakukan dalam melakukan sesuatu
  • memastikan baik anak laki-laki maupun perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mencoba menggunakan palu, komputer, pisau, gunting dan sebagainya
  • berbicara tentang apa yang mungkin kita lakukan dengan tekhnoligi misalnya bagaimana mobil sudah banyak membantu dan kesulitan atau kekurangan apa yang timbul saat kita tidak memanfaatkan mobil untuk bepergian jauh
  • mendorong anak berpikir untuk menemukan pemecahan masalah dengan memanfaatkan tekhnlogi tertentu, misanya bagaimana memindahkan benda yang sangat berat dari satu tempat ke tempat lain.

sumber : Parenting SA, Parents Easy Guide


Tidak ada komentar:

Posting Komentar