Kamis, 03 Januari 2013

Tumbuh dan Belajar Ditengah Keluarga: Bagaimana Cara Anak Belajar?


Hal utama dan terpenting yang mesti dipelajari dalam kehidupan seorang anak dimulai ditengah-tengah keluarganya. Anak-anak akan belajar daridan  cara orang memperlakukan mereka  dari apa yang mereka lihat, dengar dan alami segera setelah mereka lahir ke dunia. 

Anak adalah pembelajar sejati. Sejak lahir hingga rentang usia lima tahun dan terutama dimasa batita (0-3 tahun), anak akan tumbuh dan belajar dengan cepat. Fase ini merupakan fase dimana kemampuan anak belajar paling cepat dibanding fase lain dalam kehidupannya. Sangatlah mudah bagi orang tua dan bagi siapapun yang peduli pada anak untuk membantunya membentuk kebiasaan belajar sejak usia dini, jauh sebelum mereka memasuki usia sekolah.

Bagaimana Cara Anak Belajar?
Banyak cara yang dapat ditempuh untuk belajar. Anak belajar melalui melihat dan mengamati, mendengar dan terutama dengan cara melakukan langsung sesuatu hal yang diminatinya.

Semua anak melalui sejumlah tahapan tetapi terdapat perbedaan-perbedaan antara satu anak dengan anak lainnya dalam masig-masing tahapan tersebut. Selain itu, dibutuhkan waktu yang berbeda untuk setiap anak dalam menjalani satu tahapan. Anak cenderung akan betah berada didalam lingungan yang menarik perhatia mereka dimana mereka merasa dicintai dan aman didalamnya.

Catatan berikut akan membahas beberapa area yang penting dipelajari anak, yang meliputi:
  1. Harga diri (self esteem)
  2. Perkembangan sosial
  3. Pemahaman budaya
  4. Perkembangan fisik dan kesehatan
  5. Komunikasi
  6. Kreativitas
  7. Berpikir
  8. Mengenal Lingkungan
  9. Tekhnologi

Uraian terkait masing-masing area akan terbagi menjadi dua bagian. Bagian pertama akan menguraikan masalah harga diri, perembangan sosial, pemahaman budaya, perkembangan fisik dan kesehatan serta komunikasi. Sementara sisanya akan diuraikan dalam bagian catatan yang lain.

sumber : Parenting SA, Parents Easy Guide

Tidak ada komentar:

Posting Komentar