Kamis, 06 Desember 2012

Yuk Ajak Anak Belajar Mendengar



Kemampuan mendengar bagi seorang anak dapat dikatakan berhasil dikuasai adalah saat  ia telah mampu mendengarkan orang lain, memperoleh serta memproses informasi dan berhasil mengikuti instruksi yang disampaikan kepadanya.

Dalam hal ini, kemampuan mendengar dan berbicara berperan penting sebagai dasar pengembangan kemampuan belajar anak. Kemampuan mendengar yang baik akan mendukung perkembangan kemampuannya berkomunikasi secara verbal.

Medengarkan orang lain berbicara serta terbiasa medengarkan cerita akan menambah kosa kata anak dan membantunya mengembangkan kemampuan membaca.

Cara termudah mengajarkan anak menjadi pendengar yang baik adalah dengan memberikan contoh langsung padanya. Tunjukkan pada anak bahwa kita benar-benar mendengarkan apa yang ia sampaikan saat ia meceritakan sesuatu pada kita. 

Perlihatkan pada anak kemampuan menjadi pendengar itu dimulai dari fokus pada si pembicara, menatap langsung pada penyampai berita dan beri tanda pada mereka kalau kita benar-benar mendengarkan dengan menunjukkan respon semisal mengangguk atau tersenyum di saat yang tepat. 

Banyak cara dan aktivitas yang dapat dilakukan bersama anak untuk melatih mereka menjadi pendengar yang baik, misalnya dengan memutarkan CD berisi cerita anak atau membacakannya buku cerita anak. Setelah itu mintalah anak meceritakan kembali apa yang didengarnya serta minta pula mereka memberi respon terkait isi cerita. Aktivitas ini tentu bisa disesuaikan tingkat kesulitannya dengan usia anak.

sumber : http://www.kidslearningisfun.com.au

Tidak ada komentar:

Posting Komentar