Rabu, 12 Desember 2012

Main Bareng Si Batita: Membangun Menara

Baby Aliy (13 mo) kadang bosan diajak membaca buku-buku dari perpustakaan mininya. Jika sudah begitu ia tidak mau lagi memperhatikan gambar-gambar dalam buku , yang ada ia gelisah ingin segera bergati aktivitas lain.

Untuk memberinya variasi kegiatan dengan bukunya itu, dan mengobati kebosanannya, saya gunakan buku-buku mini miliknya yang bahannya terbuat dari karton tebal untuk bermain susun buku idenya kita akan membangun sebuah menara.

Karena ia belum pandai menyusun buku-buku, maka sayalah yang memulai membuatkan dasar menara. Sementara itu ia saya ajak mengambil mainan lain untuk ditambahkan sebagai bahan membangun menara kami. Pilihannya jatuh pada roda gigi warna warni, yang dipilihnya sendiri dari kotak mainan.

Melihat saya yang terlebih dulu memberinya contoh menyusun buku-buku, ia pun mengikuti dengan mencoba meletakkan si roda gigi ke atas tumpukan buku.


Dan berhasil ^^..ia tampak senang saat melihat roda yang diletakannya tadi menjadi puncak menara kami.

Bermain dengan si satu tahun tak perlu yang rumit. Sekedar melatih konsentrasinya dengan meminta si kecil memperhatikan terlebih dulu apa yang kita lakukan dan mendorongnya mengikuti kita, sudah merupakan momen belajar baginya.

Tak perlu mengharap ia melakukannya dengan sempurna, melihatnya asik bermain dan melupakan rasa bosannya saja sudah menjadi saat yang menyenangkan.

Yuk main lagi..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar