Senin, 05 November 2012

Penerapan Disiplin Untuk Anak Usia Sekolah Dasar (5-12 Tahun)

Anak-anak membutuhkan orang tuanya untuk menjelaskan kepada mereka mengenai kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan orang dewasa serta perasaan yang kerap dirasakan oleh orang tua serta mengapa ita memberikan suatu reaksi atas perbuatan yang dilakukan mereka pada suatu waktu tertentu.

Mereka mengerti benar mengenai diri mereka sendiri tetapi masih terus berusaha untuk memisahkan mana hal yang baik dan mana yang kurang/tidak baik untuk dilakukan. Anak-anak akan sering melalui periode dimana mereka akan sangat pendiam dan tenang. Mereka belajar tentang bagaimana mematuhi suatu aturan dan tidak melakukan peanggaran. Mereka belajar melihat sesuatu dari sudut pandang orang lain. 

Menghadapi anak-anak dalam rentang usia sekolah dasar, berikut beerapa hal yang penting diingat:
  1. Ingatlah bahwa untuk orang tua perlu mengajarkan pada anak apa yang ia harapkan serta tak lupa tawarkan pilihan-pilihan untuk melakukan kebiasaan baik.
  2. Bicaralah pada anak-anak mengenai berbagai topik. Dengarkan pandangan dan pendapat mereka dan diskusikan adanya perbedaan pendapat antara orang tua dan anak, jika ada. Hal ini lebih baik dibandingkan hanya memaksakan keinginan dan pendapat orang tua saja.
  3. Anak-anak pada rentang usia ini dapat mengerti dan menerima sebuah konsekuensi dari perbuatan. Jika anak kita berbagi saran dan pikiran dalam pembuatan suatu aturan dan konsekuensi yang mengikuti saat mereka melanggar aturan itu, mereka akan belajar untuk menerapkan disiplin bagi diri mereka sendiri.
  4. Jika suatu aturan dilanggar, konsekuensi segera dilaksanakan.
  5. Cobalah sesekali membandingkan cara penerapan disiplin yang kita lakukan dengan yang dilakukan oleh orang tua lain yang memiliki anak-anak sebaya dengan anak kita. Jika kita ternyata terlalu ketat menerapkan "gaya" kita, kemungkinan anak-anak kita tidak akan mudah diajak bekerja sama untuk menerapkan disiplin di rumah kita sendiri.
  6. Beri kesempatan terlebih dahulu untuk mengembangkan kebiasaan-kebiasaan baik. Anak-anak akan suka jika kita memberikan semacam bonus jika mereka berusaha melakukan hal baik. Berilah insentif sederhana semisal, "karena kau sudah berhasil menjaga kebersihan kamarmu sepanjang minggu ini, maka kau mendapat bonus waktu bermain edugame di komputer  Jumat malam nanti."
  7. Ajarkan pada anak-anak bagaimana mencari jalan keluar dalam memecahkan masalah. Keterampilan ini akan sangat bermanfaat bagi anak-anak dalam rentang usia ini dan merupakan angkah penting dalam mempelajari disiplin diri. 
diterjemahkan dari: Parenting SA, Easy Parents Guide

Tidak ada komentar:

Posting Komentar