Sabtu, 20 Oktober 2012

Seputar Menulis : Yuk Ajari SI Kecil Memegang Pensil ^^

Si kecil di rumah mungkin sudah mulai tertarik bermain-main dengan pensil ya Bunda?. Dulu, sulung saya baru mulai tertarik memegang dan menggunakan alat tulis kira-kira diusianya yang kedua. Sebelum itu kelihatannya ia belum tertarik sama sekali..:p. 

Sekali ia bisa memegang pensil dengan jari-jarinya, senangnya bukan main. Meskipun saat itu cara memegangnya masih digenggam penuh dengan kelima jarinya, hingga yang mampu ia lakukan hanyalah mencorat coret dinding ruang tamu dari sisi ke sisi :D.

Saat tiba waktunya ia belajar menggunakan pensil di atas kertas, barulah ia menemukan kesulitan. Maklumlah ia belum bisa memegang pensil dengan benar dan belum bisa menyeimbangkan penggunaan tangan kanan yang memegang pensil dan tangan kirinya yang sehausnya bisa digunakan untuk membantu menjaga kertas agar tetapdi tempatnya, tidak "lari" kemana-mana.

Hmmm, ternyata, memegang pensil itu tidak gampang juga ya, dan ada tekhnik tertentu yang memang harus dikuasai si kecil sebelum ia belajar menulis di atas kertas. Dari seorang teman yang bekerja sebagai terapis fisik serta dari buku yang saya baca tentang panduan mendampingi anak dalam belajar menulis karya Jennifer Hallissy, saya jadi tahu bagaimana cara memegang pensil dengan benar. Bagaimana caranya?
 gambar diunduh dari : http://charlotteoccupationaltherapy.com/
  • Jepit batang pensil sedikit diatas bagian yang kita raut dengan menggunakan ibu jari dan jari telunjuk. Jarak diantara kedua jari tersebut haruslah membentuk lingkaran. Perhatikan bagaimana si kecil memegang pensilnya. Apakah dengan tekanan yang ringan ataukah masih memegangnya dengan tegang hingga jari-jarinya memutih?
  • Lipat jari ketiga (jari tengah) sedemikian sehingga pensil yang dipegang oleh kedua jari sebelumnya dapat bersandar pada jari yang terlipat.
  • Remaslah jari keempat dan kelima (jari manis dan kelingking) ke arah telapak tangan dan biarkan sisi bagian bawah tangan yang memegang pensil terletak diatas permukaan kertas/ media menulis.
Latihan terbaik untuk mempersiapkan si kecil memegang pensil dengan benar antara lain dengan mengajarinya memegang krayon yang sudah pendek (tidak utuh lagi) atau kapur pendek untuk kegiatannya saat mencorat coret atau mewarnai. Dengan menggunakan potongan krayon/kapur yang pendek bisa melatih kekuatan ketiga jari yang kelak digunakan untuk memegang pensil. Hanya saja, mengingat usia si kecil, kita perlu berhati-hati untuk mengawasi si kecil saat bermain-main dengan krayon/kapur pendeknya, agar tidak sampai termakan atau tertelan.
 
Aktivitas lain yang berguna untuk melatih kekuatan jari-jari saat memegang pensil antara lain adalah bermain menyemprotkan air dengan botol penyemprot, bermain lilin (play dough) dan latihan menggunting.
 

2 komentar:

  1. Salam kenal....
    Saya membuatkan pencil grip dari koran bekas, untuk membantu anak saya memegang pensil dengan benar.
    Jika anda berkenan silahkan kunjungi http://ilutju.blogspot.com/2013/02/diy-pencil-grip.html

    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung ^^..ide yang menarik juga membuatkan pencil grip dari koran ya..tunggu kunjungan balasan dari saya ya mbak Emeylia..:))

      Hapus