Jumat, 26 Oktober 2012

Makanan Super Buat Si Kecil

Menyajikan makanan sehat bagi anak-anak wajib hukumnya bagi para bunda. Ketelitian memilih sumber makanan yang kaya kandungan nutrisi yang dibutuhkan bagi pertumbbuhan dan perkembangan tubuh dan otak sangat dibutuhkan. Makanan sehat apa saja sih yang bisa masuk dalam menu sehari-hari bagi anak-anak ? Yuk kita cek daftar berikut ini:

Telur
Telur mengandung protein dan salah satu dari sedikit makanan yang mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium. Makan makanan berprotein saat sarapan akan membantu anak-anak ntuk terhindar dari rasa lapar diantara dua waktu makan.

Oatmeal 
Kandungan serat dalam oatmeal membuatnya lambat dicerna dalam tubuh sehingga menyediakan cadangan tenaga yang lebih lama bagi anak-anak. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memakan makanan berserat semisal oatmeal, roti gandum dan cereal dari gandum akan lebih dapat berkonsentrasi di sekolah.

Buah-Buahan
Buah sangat baik bagi tubuh karena merupakan sumber serat, vitamin dan mineral. Untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian, cobalah untuk makan beragam buah setiap harinya seperti kelompok beri , jeruk, melon dan kiwi.

Kacang-Kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber lemak baik bagi tubuh yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan si kecil juga untuk menjaga kesehatan jantung. Sedikit lemak baik di pagi hari akan membuat tubuh memiliki cukup energi untuk beraktivitas.

Susu dan produk olahannya
Kandungan protein dan kalsium susu dibutuhkan oleh anak-anak  untuk perkembangan badan untuk dan otak. Selain itu kalsium dalam produk berbasis susu penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi.

Tahu 
Makanan yang terbuat dari kedelai merupakan salah satu sumber protein dan rendah lemak. Makanan jenis ini memiliki potensi mencegah kanker. Tahu baik dimasukkan sebagai menu harian remaja putri  karena memliki efek melindungi sel tubuh saat perkembangan badan dan payudara mereka.

Tomat
Tomat mengandung lycopen, kandungan nutrisi yang melindungi tubuh dari sel kanker. Tomat yang dimasak lebih baik dibanding tomat mentah karena dengan memanaskan tomat mengeluarkan kandungan lycopene. Padukan tomat dengan sumber lemak baik seperti minyak zaitun, akan membantu metabolisme tuuh lebih baik.Sajikan tomat dalam bentuk saus pasta dalam spagheti, pizza atau cocolan untuk makanan lainnya.

Yoghurt rendah lemak
Yoghurt rendah lemak baik untuk tubuh karena mengandung bakteri sehat untu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memperlancar pencernaan. Pilih yoghurt dengan kandungan gula yang rendah namun tinggi protein.

Kol
Kol memiliki rasa yang netral dan renyah yang akan disukai anak-anak saat dicampurkan daam sajian salad mereka. Jenis sayuran semisal kol dan brokoli mengandung phytonutrients yang merupakan anti kanker dan membantu memperbaiki sistem pencernaan. Kandungan ini juga membantu mengurangi pengaruh keruasakan yang diakibatkan racun dengan memicu pelepasan enzim untuk membersihkannya. Cara penyajian sayuran ini bagi anak bisa dicampurkan dalam coleslaw atau sebagai campuran variasi masakan berbasis mi (mi goreng/mi kuah sehat).

Salmon
Salmon mengandung lemak omega -3 yang juga dikenal bermanfaat untuk perkembangan otak, mengurangi kadar depresi dan memiliki kemampuan anti peradangan. Pilihlah ikan salmon segar yang mengandung kadar merkuri rendah dan tinggi omega-3. Cara terbaik agar anak-anak memakannya adalah dengan menyajikannya bersama-sama dengan jenis makanan lain dengan bumbu yang telah dikenal dan disukainya. Misalnya dengan menyajikan salmon fillet dengan saus teriyaki atau sebagai fish cake, isian burger atau sebagai campuran salad.

Tepung Coklat
Tepung coklat merupakan salah satu sumber flavanoid, kandungan yang diketahui dapat memperbaiki tekanan darah dan baik untuk kesehatan jantung dan mulut. Kandungan nutrisi ini juga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Gunakan selalu tepung coklat denga kandungan coklat murni sekurangnya 70% dan telitilah terlebih dahuu apakah pengolahannya melibatkan alkali (dikenal dengan istilah "Dutch Processed) yang telah mengurangi kadar flavanoid didalamnya. Cara penyajiannya bisa dengan menjadikannya campuran dalam adonan pancake waffle atau French Toast.

Kayu Manis 
Penelitian menunjukkan bahwa rempah-rempah dapat membantu mengatur gula darah yang juga berarti dapat meminimalkan kekurangan energi sepanjang siang hari. Cara memasukan rempah-rempah semsacam kayu anis ini ke dalam menu harian anak-anak adalah menjadikannya bahan campuran dalam adonan pancakes, muffin, oatmeal, sereal atau taburan dalam yoghurt.



sumber : http://www.parenting.com/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar