Minggu, 28 Oktober 2012

Disiplin Untuk Anak 0-12 Tahun : Penyebab Berkembangnya Kebiasaan Buruk

Kebiasaan-kebiasaan yang buruk/kurang baik yang tumbuh dan berkembang di dalam rumah kita, pada umumnya terjadi akibat dua alasan berikut :
  • karena anak belum mempelajarai bagaimana melakukan hal yang seharusnya ; atau 
  •  karena memang begitulah anak-anak mengekspresikan perasaannya.
Sebagai contoh :
Anak kita yang berusia 3 tahun tiba-tiba mencabut tanaman kesayangan yang kita tana di pekarangan rumah karena ia baru saja memperhatikan kita yang sedang berkebun dan ingin menirunya. Dalam hal ini, apa yang ia lakukan semata didorong oleh rasa keingintahuan dan bukan karena ia memang ingin berbuat buruk. Masalahnya ia belum belajar cara mengekspresikan keingintahuannya itu dan ia perlu diajari cara sederhana bagaimana ia dapat membantu kita berkebun.

Pada kesempatan lainnya, ia mungkin mencabut tanaman kesayangan kita karena ia merasa marah atau kesal akibat melihat orang tuanya yang terlalu sibuk dengan pekerjaan dan tidak menaruh perhatian penuh padanya. Dalam kasus ini, si kecil memang terlalu dini untuk dapat menyampaikan harapan-harapan dan keinginannya pada kita dengan kata-kata sehingga ia menumpahkan perasaannya lewat perbuatan yang ditujukan memang untuk menarik perhatian orang tuanya.

Anak-anak dapat mengalami perubahan perasaan dalam rentang waktu yang singkat dan mereka dapat mengalami kesulitan memahami bagaimana perasaan mereka sebenarnya. Semakin muda usia anak, semakin sulit bagi mereka memahami arti perasaannya.

Banyak anak-anak yang tidak dapat berkata-kata untuk mengekspresikan perasaan mereka saat mereka sedang mengalami emosi yang kuat (frustasi atau arah) dan mereka merasa orang tuanya tak dapat menerima jika mereka sedang merasa takut. Perasaan anak-anak ini mempengaruhi jenis tindakan yang mereka lakukan kemudian.

Jika sebagai orang tua menaruh harapan yang wajar atas diri anak-anak kita dan mengajarkan kepada mereka dengan baik dan jelas apa yang kita inginkan, anak-anak akan lebih mudah diajak bekerja sama. Jika kita memang serius ingin mengetahui perasaan apa yang sebenarnya melatarbelakangi perilaku anak-anak kita akan dapat menemukan hal - hal yang menyebabkan timbulnya kebiasaan yang kurang baik yang mereka lakukan.

Cara orang tua berbicara dengan anak-anak dapat membuat perbedaan yang berarti terhadap anak, yaitu membuat mereka melakukan perubahan perilaku yang berbeda antara sebelum dan setelah kita memberitahu mereka.

Anak-anak akan belajar banyak hal dengan melihat apa yang kita lakukan dan bagaimana kita menjalani hidup dibandingkan dari apa yang kita katakan pada mereka.

Baca juga :
Mengapa Anak Kita Berperilaku Buruk?

diterjemahkan dari : Parenting SA, Parent Easy Guide  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar