Rabu, 24 Oktober 2012

Buat Play Dough Sendiri Yuk ;)

gambar diunduh dari : http://www.naturalparentingtips.com/

Bermain bareng si kecil di rumah dengan menggunakan lilin/malam/play dough  itu asyik lho. Bukan saja si kecil bisa bebas berkreasi membuat bermacam bentuk sesuai imajinasinya, tapi lebih dari itu, bermain-main dengan play dough juga bermanfaat memperkuat otot-otot jarinya. Otot jari yang kuat akan sangat membantunya kelak pada waktu mulai belajar memegang pensil dan kemudian belajar menulis. 

Sekarang ini tentu kita bisa membali play dough  dibanyak tempat yang menjual mainan anak-anak, namun, tak ada ruginya juga lho jika kita membuatnya sendiri di rumah.

Cara membuatnya mudah, dan kita jadi jauh lebih tenang karena tahu persis bahan-bahan yang digunakan untuk membuatnya cukup aman bagi anak-anak. Berikut cara membuatnya:

Bahan:
2 cangkir air
1 cangkir garam
2 sendok makan krim tartar (bisa di beli di toko bahan kue)
2 sendok makan minyak sayur
pewarna makanan secukupnya
2 cangkir tepung

Cara Membuat :
  • Panaskan semua bahan kecuali tepung diatas wajan hingga hangat. 
  • Angkat wajan dari api dan campurlah dengan tepung.
  • Setelah tercampur rata, tuangkan adonan ke atas kertas roti. Biarkan dingin selama beberapa menit dan kemudian remas-remas/uleni hingga warnanya merata dan tekstur adonan menjadi lembut.
  • Simpan adonan dalam tempat yang kedap udara. Adonan tersebut siap digunakan untuk beraktivitas bareng si kecil dan akan tahan disimpan selama kurang lebih 6 (enam) bulan. 
Selamat mencoba..:).

resep dari : the write start, p.25



2 komentar:

  1. Bunda, krim tartar fungsinya untuk apa ya??
    thanks for sharing^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mbak Alamanda ^^..makasih sudah singgah di Belajar Bareng Kiddos..
      mengenai fungsi krim of tar tar dalam pembuatan play dough ini terus terang saya pribadi kurang paham betul, resep ini saya ambil dari sebuah buku terbitan australia, dan saya uji cobakan di rumah.
      Kalo fungsi krim of tar tar dalam praktik masak emmasak antara lain sih mencegah terjadinya kristalisasi pada sirup gula, dan mengurangi perubahan warna sayuran saat direbus,..mungkin efeknya dalam pembuatan play dough ini untuk mempertahankan warna ya ^^...

      Hapus