Senin, 01 Oktober 2012

Aktivitas SI 1 Tahun : Membungkus Kado yuk ..:)

Bagi si kecil, merupakan keasikan tersendiri bila ia berhasil membongkar sesuatu yang semula terbungkus rapi..:p. 
Percaya atau tidak, cobalah memberinya sebuah bingkisan, entah apapun isinya, misanya mainan kecil yang menajdi kesukaannya atau sebuah buku bayi bergambar binatang-binatang lucu, bungkuslah menjadi sebuah hadiah kecil baginya. Tak perlu membungkusnya dengan indah, cukup dengan selembar koran, kertas bekas kalender atau sampul buku warna warni.

Tak butuh waktu lama, ia akan asik berusaha membongkar bugkus hadiah kecilnya :)). 

Sesuai untuk : Bayi mulai usia 8 bulan - 1 tahun
Manfaat         : Melatih koordinasi tangan dan mata (motorik halus), mengenalkan konsep benda padat, mengenalkan konsep berbagi
Yang dibutuhkan : handuk/bungkus kado/ kain lembut/sapu tangan, mainan bayi/buku bayi kecil. 

Variasi aktivitas ini bisa dilakukan saat si kecil mandi. Pada saat ia sedang tidak memperhatikan kita, bungkuslah mainan yang biasa menemaninya mandi dengan selembar kain handuk, lalu berikan padanya sambil berkata, "ini hadiah untukmu,". Ia akan sangat senang menerimanya dan mulai membuka hadiahnya.
Saat ia membuka hadiah, bungkus lagi mainan lainnya dengan kain lain dan berikan lagi padanya. Begitu berulang,ulang. Dengan demikian ia punya kesempatan melatih kemampuan motorik halusnya serta melatih koordinasi mata dan jari-jari tangannya pada saat membongkar hadiah dari kita.

Saat ia lebh besar nanti, ia bahkan .berkesempatan mencoba membungkus "kado" spesial buat kita Aktivitas membungkus dan membongkar bungkus kado ini juga bisa menjadi ajang mengenalkan konsep benda padat (yang merupakan isi kado) serta konsep memberi dan menerima, yaitu pada saat kita memberinya kado dari kita atau saat kita menerima kado darinya.

Hint : Jika si kecil tampaknya belum tertarik bermain bungkus-bongkar kado seperti ini, jangan khawatir. Setiap bayi memiliki tahap perkembangan yang berbeda-beda. Jika ia belum tertarik saat ini, cobalah lagi mengajaknya melakukan aktivitas sejenis ini di lain waktu.

sumber : http://www.babycenter.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar