Jumat, 28 September 2012

Persaingan Antar Saudara Ditengah Keluarga (3): Kapan Saatnya Orang Tua Perlu Terlibat?

Saat mendapati anak-anak bertikai atau berselisih pendapat, haruskah kita sebagai orang tua serta merta  turut terlibat mendamaikan mereka? .

Sesungguhnya, terkadang mereka tak membutuhkan penengah sama sekali untuk menyelesaikan masalah diantara mereka.  Bahkan kadang lebih baik bagi kita membiarkan mereka belajar mencari jalan keluar dari masalah mereka sendiri. Lalu kapan saat yang tepat bagi orang tua untuk turun tangan?. 
  1. Orang tua perlu turun tangan manakala ada salah satu dari anak yang bertikai terluka atau perselisihan mereka telah tak terkendali lagi.
  2. Kita perlu berhati-hati menjaga emosi. Jika kita turut merasa marah pada salah satu anak dan lebih menyayangi anak yang lain, pastikan jalan tengah yang kita ambil cukup adil bagi keduanya.
  3. Jika anak-anak datang meminta bantuan pada kita untuk menyelesaikan masalah mereka, usahakan untuk tidak memihak. Ingat juga, bahwa seringkali kita tidak benar-benar melihat dan mengetahui siapa yang memulai pertikaian.
  4. Jika kemarahan mulai memuncak, dengarkan suara masing-masing anak, sehingga mereka merasa bahwa kita benar-benar mendengarkan masalah mereka secara dil dari kedua belah pihak yang berselisih. Katakan pada mereka bahwa kita memahami bahwa kadang mereka menghadapi masalah yang sulit. Ajaklah mereka untuk mulai memikirkan pemecahan masalahnya lebih dahulu.
  5. Orang tua juga mungkin harus mengingatkan pada anak-anak mengenai aturan-aturan dalam keluarga yang telah disepakati bersama.
  6. Bantulah anak-anak untuk saling mendengarkan satu sama lain dan ajak mereka untuk belajar menyelesaikan masalahnya sendiri.
  7. Ikutlah terlibat bersama mereka saat mereka kelihatan menghadapi jalan butu dalam mencari pemecahan masalah. Misalnya jika kedua anak kita berebut remote TV dan berkeras menonton program yang masing-masing disukainya, ajaklah mereka berembug untuk menentukan siapa yang mendapat giliran lebih dulu, atau memutuskan lebih baik menonton program yang sama-sama diminati keduanya.
  8. Ketika anak-anak sudah setuju dengan jalan tengah yang kita ambil, berilah kesempatan pada mereka menjalaninya dengan tetap melihat apakah mereka dapat menepati dan menjalankan solusi yang diambil tersebut, jika tak berhasil, ajaklah untuk mencari solusi lainnya.

Cara-cara diatas, jika diterapkan secara konsisten menjadi salah satu cara berlatih memecahkan masalah bagi anak-anak hingga di kehidupan dewasanya nanti.

sumber:
http://raisingchildren.net.au/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar