Kamis, 27 September 2012

Persaingan Antar Saudara DI Tengah Keluarga (2): Apa Yang Dapat Dilakukan Orang Tua?

Apa yang dapat kita lakukan sebagai orang tua dalam menghadapi persaingan yang seringkali timbul diantara anak-anak dirumah? Berikut beberapa poin penting tersebut:
  1. Lindungi dan jaga kebutuhan masing-masing anak, misanya jagalah agar hasil karya sang kakak tidak dirusak oleh adiknya yang lebih kecil dan sebaliknya.
  2. Habiskan waktu bersama masing-masing anak secara reguler.
  3. Ijinkan masing-masing anak memiliki hal-hal yang istimewa yang tidak perlu mereka bagi dengan anak yang lain, misalnya kakak boleh memiliki buku sketsa sendiri yang tidak perlu digunakan bersama-sama dengan adiknya.
  4. Untuk anak yang lebih kecil, lihatlah apakah terdapat cukup mainan untuk dimainkan bersama-sama. Misalnya mobil-mobilan kecil yang terdiri dari enam mobil dalam satu kotak, sehingga sekalipun saudaranya ikut bergabung bermain bersama, ada cukup mobilan yang bisa mereka mainkan masing-masing. Bagi orang tua, menyediakan mainan bekas tetapi banyak dan dapat dimainkan tanpa dibagi kadang lebih baik dibanding membeli satu  mainan baru yang hanya bisa dimainkan oleh satu anak saja sekali waktu.
  5. Jika kita memiliki tiga orang anak, misalnya, pastikan saat berkumpul bersama tidak ada anak yang tertinggal. Ajaklah anak yang lain untuk bergabung manakala saudara lainnya sedang berkumpul.
  6. Anak-anak tetap memerlukan ruangnya sendiri yang tidak harus dibagi dengan saudaranya meskipun itu hanyalah sebuah laci di meja belajar, kotak menyimpan buku harian atau kotak peralatan menggambarnya.
  7. Cobalah untuk tidak membandingkan antara anak yang satu dengan yang lain, perlakuan ini selalu memicu perasaan yang kurang menyenangkan bagi anak-anak.
  8. Murah hatilah utnuk selalu membagi pelukan atau ciuman ringan pada anak-anak kita dalam segala suasana.
  9. Bersama-sama dengan anak-anak tetapkan aturan yang berlaku di rumah kita. Misalnya, tidak diijinkan memanggil saudaranya dengan panggilan yang buruk, atau tidak diijinkan menendang atau saling memukul. Jadi, saat kita harus turut campur merelai pertengkaran mereka misalnya, pastikan kita melakukannya saat salah satu anak atau anak-anak semuanya melakukan pelanggaran terhadap aturan yang telah disepakati bersama bukan semata-mata memihak salah satu diantara mereka.
Saat kita melihat anak-anak merasa sedih, bantu mereka menemukan cara untuk mengekspresikan perasaannya. Untuk anak yang ebih kecil, bermain dapat membantunya menyalurkan perasaan seperti bermain air atau menggambar/melukis. Untuk anak yang lebih besar dan remaja, melakukan sesuatu seperti lari atau memainkan musik dapat membantu mereka mengekspresikan perasaannya. Bicaralah pula pada mereka mengenai hal-hal yang dapat membantu mereka.

Anak-anak memerlukan kita sebagai orang tua untuk mengajari mereka cara memecahkan masalah, untuk mendengarkan satu sama lain dan kemudian mencari solusi yang adil bagi mereka.

(bersambung ke bagian ketiga)

temukan penyebab timbunya konflik diantara anak-anak disini 

source : http://raisingchildren.net.au/articles/sibling_rivalry -- 21/05/2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar