Minggu, 23 September 2012

Kita Vs SI Kecil : 6. Apa Yang Harus DIlakukan Jika Ia Bilang "Aku Tak Sayang Bunda"..:(

Sikecil dirumah tiba-tiba datangpada kita dan mengatakan, "aku nggak sayang bunda," ('..oooww..sedihnya, mendengar anak-anak mengatakan itu.
Menurut psikolog Ian Wallace, saat anak-anak mengatakan hal tersebut pada kita, sebenarnya ia sedang menunjukkan perasaan tak aman dan ketakutannya akan penolakan dari kita, orang tuanya. Seperti layaknya sebuah ujian, kita harus meyakinkan mereka bahwa terlepas dari apapun yang dikatakannya pada kita, kita tetaplah akan menyayangi mereka. 

Hindari menunjukkan emosi yang berlebihan, misanlya dengan menunjukkan bahwa kita sangat sedih, sebab mereka akan terpancing melakukannya lagi dan lagi sebab merasa bahwa kata-katanya berhasil memberikan sesuatu yang memang diinginkan mereka, yaitu menarik perhatian kita.

Mengatakan hal-hal seperti, "wah sayang sekali, padahal seperti apapun kamu, bunda akan tetap menyayangimu," jauh lebih baik daripada kita membalas mengatakan , "oh, oke, kalau begitu, bunda juga tak sayang padamu".

Dengan mengatakan hal positif pada mereka, telah mengajarkan mereka tentang cinta tak bersyarat, bahwa apapun yang terjadi orang tua akan selalu mencintai anak-anaknya. Selanjutnya kita juga harus mengajarkan pada mereka, bahwa setiap perlakuan/perkataan mereka selalu membawa konsekuensi tertentu.

source : practical parenting mag, febr, 2010, p. 68

Tidak ada komentar:

Posting Komentar