Jumat, 21 September 2012

Kita Vs Si Kecil : 5. Apa Yang Harus Dilakukan Jika SI Kecil Menolak Menyapa Nenek..;)

gambar diunduh dari : http://3.bp.blogspot.com/

Nenek datang berkunjung ke rumah kita. Yeayy, sebagai bunda, tentu kita berharap, anak-anak akan senang dan menumpahkan kerinduan atau bermanja-manja pada nenek mereka.Tetapi ternyata, mereka sama sekali kelihatan tidak tertarik bahkan menolak menyapa atau bercakap-cakap dengan nenek. Wah, apa yang harus dilakukan ya? 
  • Aturan pertama : "Jangan memaksa si kecil untuk menyapa orang lain". Dalam kebanyakan kasus, penolakan untuk menyapa atau menjawab teguran dari orang lain adalah karena si kecil merasa malu (meskipun pemalu bukan sifat dasarya). Untuk membantunya, tunjukan antusiasme kita saat bertemu dengan neneknya dan berilah ia pujian atas apapun yang ditunjukkannya pada sang nenek, meskipun cuma sekedar melihat dengan malu-malu, mengintip atau menjawab dengan suara pelan. Bersabarlah dan bantulah ia menumbuhkan rasa percaya dirinya sedikit demi sedikit.
  • Mintalah bantuan nenek untuk merespon secara positif apapun yang dilakukan si kecil seperti tersebut di atas. Nenek mungkin bisa mengatakan, "wah, ini dia cucu nenek, nenek suka sekali melihat matamu yang bulat itu," atau " Nenek suka sekali senyummu (atau wajahmu)," dan sebagainya.
  • Memberinya hukuman atau teguran akibat tak mau berinteraksi dengan orang lain atau membalas sapaan atau menyapa neneknya terlebih dulu, misalnya , akan membuat ia semakin tidak suka berinteraksi dengan orang lain. Ia akan belajar bahwa menyapa atau menjawab sapaan orang lain adalah kewajiban yang tidak menyenangkan. Sebaliknya, bersabarlah dan tunjukkan padanya, bahwa saling menyapa dengan orang lain adalah tindakan yang wajar dan menyenangkan. Pastikan bahwa kita telah mengajarkan padanya bahwa tak ada alasan untuk bersikap malu-malu , apalagi pada nenek :).

source: practical parenting mag, febr, 2010, p. 68
  •  


Tidak ada komentar:

Posting Komentar