Senin, 17 September 2012

Kita Vs Si Kecil : 3. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Ia Menolak Untuk Tidur (atau Beristirahat)


Seringkali si kecil terlihat agresif justru disaat tubuh mereka sudah mulai lelah dan mengantuk. Mereka terlihat lebih suka bermain pada saat kita memintanya untuk beristirahat.  Jika demikian adanya, pintar-pintarlah kita mengamati tanda kelelahan pada mereka atau tanda-tanda mereka mulai mengantuk. 


  1. Latihlah si kecil menjalani tiga tahap pembiasaan diri menghadapi saat istirahat:
  2. Jadikan ajakan untuk beristirahat semenarik mungkin. Misanya dengan memainkan musik pengantar tidur yang berirama lembut atau menawarinya untuk digendong (ditimang) atau dipangku, untuk menenangkannya.
  3. Jangan memperlihatkan kebiasaan yang malah bisa membuatnya tertarik untuk melakukan perlawanan, misalnya dengan "mengancam" bahwa jika si ekcil menolak untuk tidur/beristirahat maka ia akan memperoleh hukuman.
  4.  Jangan harap si kecil mau langsung tidur jika diajak ketempat istirahat yang penuh dengan alat mainannya. Jadi siapkan tempat istirahat yang sebisa mungkin bebas "gangguan".
  5. Dengan latihan pembiasaan menjelang waktu tidur ini, diharapkan si kecil dapat melakukan hal serupa kelak secara mandiri, tanpa perlu di minta atau ditemani orang tua. 
sumber :practical parenting, feb 2010
  1.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar