Sabtu, 15 September 2012

Kita Vs Si Kecil : 1. Apa Yang Harus Dilakukan Jika Mereka Suka Membantah?

Sebagai orang tua yang memiliki (atau pernah memiliki) Batita/Balita, mungkin kita pernah dihadapkan pada masalah saat anak-anak kita menunjukkan perilaku yang sulit. Diantara perilaku yang menyulitkan itu adalah bersifat manja berlebihan, tantrum (suka mengamuk), suka membantah, keras kepala, dan perilaku lain yang membuat emosi kita terpancing.

Dalam  majalah Practical Parenting edisi Febrauri 2010, psikolog Ian Wallace  berbagi saran dalam menghadapi perilaku sulit anak-anak usia balita/batita. yang saya coba rangkum menjadi beberapa poin penting berikut :
 Apa yang harus dilakukan jika anak-anak membantah/tidak mau mengikuti nasihat/perkataan orang tua

  • Tetaplah bersikap tenang dan percaya diri, tunjukkanlah bahwa sebagai orang tua kitalah yang memegang kendali atas anak-anak. Bersikap konsisten juga merupakan hal yang penting, biarkan anak-anak mengetahui bahwa setiap kali mereka membantah atau berperilaku yang kurang pantas, ia akan menerima sebuah konsekuensi tertentu.
  • Salah satu pendekatan yang baik adalah dengan menawarkan pada anak insentif tertentu jika ia berhasil menunjukkan perilaku yang baik, dan ia akan kehilangan insentif itu apabila ia membantah atau mengabaikan nasihat kita.
  • Usahakan kita tidak terpancing berteriak, marah atau meminta anak melakukan apa yang kita minta dengan suara keras. Anak akan cenderung keras kepala dan emmancing pertengkaran dengan kita, maka sebagai orang yang lebih dewasa, kita lah yang seharusnya menahan diri.
  • Sebaliknya, katakanlah sesuatu semisal, "Bagus sekali jika kamu ngambek seperti itu, tetapi ayah/bunda akan tetap berkata "tidak". JIka kamu bisa duduk tenang, maka kita bisa melanjutkan menonton VCD kesukaanmu,".
  • Hindari menanggapi rengekan atau amukan mereka dengan menunjukkan kepanikan kita, seperti mengatakan " Jangan sekarang, kita sudah terlambat!!!" (misalnya jika ia mengamuk padahal kita sedang terburu-buru) atau memaksa anak dengan mengatakan, "lakukan sekarang atau kamu tidak akan dapat apapun !!"
  • Percaya dirilah dan tunjukkan pada anak-anak bahwa kita serius ingin mengajarkan mereka untuk menerima batasan tertentu. Memberi mereka penghargaan tertentu jika mereka berlaku baik lebih berarti dibandingkan kita menghukum mereka jika berperilaku kurang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar