Selasa, 28 Agustus 2012

Mengenal Balita Kita (2) : Seperti Apakah Balita Anda?

Melanjutkan tulisan saya yang sebelumnya tentang kewajaran perilaku para balita, berikut adalah beberapa fakta yang seringkali kita temui dalam perkembangan perilaku balita kita, yang manakah yang cocok dengan balita anda?
  1. Sebagian balita akan senang duduk manis dan cepat berkonsentrasi untuk menggambar, memasang puzzle atau belajar mengenal huruf. Sebagian kecil lainnya akan duduk tenang cukup lama namun KEBANYAKAN dari balita akan gelisah dalam lima menit dan segera mencari cara keluar dari kegiatan rutinnya. Secara umum, anak-anak kecil yang aktif tidak akan tahan duduk tenang meskipun untuk waktu yang singkat.
  2. Banyak balita yang amat menggemaskan untuk dipeluk, penuh kasih sayang, dan suka memberi. Akan tetapi, ada pula sebagian kecil dari mereka yang sulit berbagi dan tampaknya kurang dapat membalas kasih sayang yang diperlihatkan oleh orang tuanya atau orang lain.
  3. Sebagian balita sudah menampakkan tekad kuat dan kemandirian. Sebagian lain kelihatan suka berkeras misalnya menolak dipakaikan baju dan memilih memakai baju sendiri, menolak saat disuapi dan  lebih suka makan sendiri, meskipun sebenarnya pada usia mereka, mereka memang masih perlu banyak bantuan untuk melakukan aktivitas semacam itu. Balita lainnya terlihat pasif, tidak mandiri dan cukup nyaman dengan popok sekali pakai yang dipakaikan oleh ibunya serta lebih suka diperintah sebelum melakukan ini dan itu. 
  4. Kebanyakan balita adalah pemanjat sejati yang tak kenal takut. Mereka suka memanjat kursi, meja, atau rak yang terjangkau dan naik ke atasnya. Meskipun berulang kali terbentur atau jatuh, mereka akan cenderung melakukannya lagi. Sebagian yang lain sudah "mengerti" rasanya sakit dan lebih berhati-hati untuk tidak memanjat kembali karena pada dasarnya mereka sudah mengenal rasa takut.
  5. Sebagian besar balita makan dengan baik., meskipun kebanyakan dari mereka tidak makan makanan yang disiapkan oleh orang tua mereka berdasarkan standar gizi yang disarankan para ahli diet anak. Sebagian balita akan serius menghabiskan makanan yang tersaji dihadapan mereka, sebagian lainnya melihat makanan di piring sebagai alternatif mainan yang menyenangkan, mereka akan menyusun kacang polong membentuk pola tertentu di meja makan atau memberikan brokoli dan sayuran lainnya ke tempat makan kucing peliharaan mereka. Perlu usaha ekstra bagi para orang tua jika ingin balita mereka mendapat gizi seimbang dari makanannya.
  6. Sebagian balita tumbuh dengan kebiasaan pola makan yang baik, mereka melahap apapun makanan yang disiapkan orang tuanya, sementara sebagian lainnya tumbuh menjadi anak yang suka mengemil alias hanya makan makanan ringan saja.
  7. Balita suka tidur siang, paling tidak hingga usanya menjelang 3 tahun. Sebagian lainnya sudah mulai menghentikan kebiasaan tidur siangnya saat berusia 18 bulan, dan orang tua tidak dapat mengembalikan kebiasaannya itu. Sebagian besar balita tidur pada pukul 8-9 malam sementara sebagian lainnya tidur menjelang tengah malam. Sebagian balita suka bermalas-malasan di pagi hari, sementara sebagian besar lainnya sudah mulai terbangun dan aktif di waktu shubuh. 
  8. Balita memiliki rasa takut pada hal-hal tertentu, misalnya pada anjing, suara yang keras, suasana baru, benda asing atau orang yang tak dikenalnya. Hal ini timbul karena mereka merasakan tekanan dan terjadi pada hampir sebagian besar anak-anak pada rentang usia ini.
  9. Kebanyakan balita sering memperlihatkan kebiasaan yang menjengkelkan. Tapi masalah seperti ini bukan hanya dilakukan oleh balita kan..? ;))
  10. Kebanyakan balita mengalami naik turun dalam menunjukkan perilaku baiknya.  Kadang mereka bisa makan dengan lahap, kadang mereka menolak untuk makan, atau kadang mereka tidur dengan mudah di malam hari, kadang mereka rewel sepanjang malam. Sama seperti orang dewasa, terkadang ada "hari baik" dan "hari buruk" bagi mereka.
Semua orang tua yang peduli pada balita mereka akan berusaha melakukan hal terbaik agar balita mereka terbiasa berperilaku baik. Sebagian besar perilaku yang menarik perhatian sebagaimana disebutkan diatas, pada akhirnya kebanyakan tidak akan menjadi masalah lagi seiring dengan berjalannya waktu, sepanjang orang tua mengetahui mana perilaku yang wajar dan mana yang tidak wajar. (Wajarkah perilaku balita kita? lihat disini untuk mengetahuinya)

Apapun yang kita lakukan, kelihatannya bahwa akan selalu ada perilaku si kecil yang mengganggu di mata orang tuanya selama tahun-tahun awal kehidupan mereka. Jadi bersabar tetaplah kunci utama menjadi orang tua ya..:) 

referensi : Toddler Taming, The guide to your child from one to four (DR Christopher Green), p. 22-23 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar