Sabtu, 28 Juli 2012

Kiat Sukses Puasa Si Kecil : 1. Menjaga Kesehatan

Si kecil baru pertama kali menjalankan ibadah puasa Ramadhan? Pasti seru ya pengalaman bunda dan ayah sekalian saat menemani anak-anak berpuasa. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mendorong anak-anak berlatih puasa dan mengakhiri sesi Ramadhan mereka dengan sukses. 
Dari pengalaman saya dengan kedua puteri saya (sekarang 9,5 yo dan 6 yo) saat melatih mereka berpuasa di waktu kecil dulu, saya mencatat beberapa hal menarik yang menjadi kunci sukses anak-anak melewati pengalaman berpuasa Ramadhan pertama mereka.

Hal pertama yang merupakan kunci sukses si kecil dalam menjalankan puasa adalah tubuh yang sehat. Puasa berarti mengurangi asupan energi anak-anak di siang hari, yaitu di waktu aktif mereka. Anak yang sakit tidak akan bisa bertahan menjalankan puasa, jangankan puasa, untuk beraktivitas saat normal pun mereka enggan. Itulah sebabnya, sehat adalah kata wajib bagi anak-anak yang akan mulai berlatih atau sedang menjalankan puasa Ramadhan. 

Jauh hari sebeum bulan Ramadhan datang, dan selama masa berpuasa orang tua perlu mempersiapkan dan menjaga kondisi kesehatan anak-anak. Beberapa hal yang penting diperhatikan adalah :
  1. Mempertahankan pola makan yang sehat yang mencakup konsumsi makanan seimbang antara karbohidrat, protein, lemak dan serat dalam sayur dan buah serta kandungan nutrisi lainnya.  
  2. Untuk memperkuat daya tahan tubuh, anak-anak dapat diberi suplemen khusus anak. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan praktisi kesehatan sebelum memberikan supleen tambahan bagi anak-anak.
  3. Menghindari konsumsi gula yang berebihan. Bulan Ramadhan identik dengan makanan yang manis terutama saat berbuka puasa yang bisa menggiring kita pada konsumsi gula yang berlebihan yang merugikan kesehatan. Perlu kreatifitas dalam menghidangkan menu berbuka bagi anak. Mengajak anak mencoba buah kurma segar atau salad buah segar misalnya lebih baik dibanding memberinya kolak manis atau kue cokelat. 
  4. Jaga kesehatan gigi anak dengan tetap mengingatkan mereka untuk rutin menyikat gigi selepas sahur dan sebelum tidur malam.
  5. Jaga asupan cairan si kecil dengan membiasakan mereka minum air putih saat sahur dan berbuka puasa serta di malam hari.  
  6. Hindari memberi anak terlalu banyak minuman dingin/es selama bulan puasa untuk menghindari kemungkinan munculnya radang tenggorokan dan penyakit umum lainnya semisal pilek/batuk.
  7. Berilah contoh pada anak cara makan yang sehat saat sahur dan berbuka, misalnya dengan tidak makan terburu-buru dan terlalu banyak. Mulai berbuka dengan minum air putih dan kurma, dan hanya makan secukupnya saat berbuka, serta tidak  ngemil berlebihan selepas waktu makan malam.
  8. Pastikan anak-anak cukup tidur. Jika anak bangun terlalu dini untuk makan sahur, ganti waktu tidurnya, misalnya selepas sholat shubuh hingga menjelang waktu berangkat sekolah, atau dengan tidur di siang hari sepulang sekolah, serta pastikan anak tidak tidur terlalu larut di malam hari.
  9. Pastikan anak tidak terlalu lelah. Ajak mereka menjalankan alternatif kegiatan yang menyenangkan namun dapat menghemat energi. Misalnya dengan mengganti permainan luar ruangan dengan permainan yang bisa dimainkan di dalam ruangan.
  10. Tidak memaksakan kondisi sikecil jikalau ia belum kuat berpuasa sehari penuh.  Orang tua perlu memperhatikan kondisi si kecil saat berpuasa. Tiap anak memiliki kekuatan berbeda saat menjalani puasa. Ada yang sudah mampu menjalani puasa seharian penuh sejak usia balita namun ada pula yang kondisi tubuhnya tidak mendukung sehingga sulit baginya beradaptasi dengan kondisi berpuasa. Menghadapi anak yang demikian, sebaiknya kita tidak memaksanya, tetapi ajaklah ia meningkatkan kemampuan puasanya sedikit demi sedikit selama Ramadhan. Latihan berpuasa yang terus menerus akan membuatnya terbiasa dan lama-lama akan sanggup menjalaninya sehari penuh.
Demikian, beberapa hal seputar menjaga kesehatan si kecil selama menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Semoga Ramadhan kali ini anak-anak kita selalu sehat dapat menjalankan latihan puasanya dengan baik ya. :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar