Sabtu, 02 Juni 2012

Pilih-Pilih Minuman Untuk Anak : Pilihan Yang Harus Dihindari

Apa saja jenis minuman yang harus dihindari untuk diberikan pada anak?
Minuman ringan, minuman rasa buah buatan dan sirup
Banyak minuman jenis ini yang hanya mengandung air, gula, perasa dan pewarna buatan. Selain itu, jenis minuman ini hanya menawarkan sedikit saja kandungan nutrisi, sekalipun terkadang beberapa kedengarannya seperti berusaha mengatakan bahwa produk mereka cukup sehat dengan menyatakan bahwa minuman tersebut di buat dari buah asli. Sebaiknya jenis minuman ini dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas atau sebisa mungkin dihindari.

Minuman Olahraga (Sports Drink)
Minuman ini pada dasarnya di produksi untuk dikonsumsi oleh orang dewasa untuk menggantikan kadar glukosa dan elektrolit seperti sodium dan potasium setelah mereka melakukan aktivitas fisik yang berat. Minuman sejenis ini tidak cocok dikonsumsi oleh anak-anak. 

Es (Minuman beku)
Kebanyakan minuman jenis ini seperti es bonbon atau es buah sebenarnya hanyalah mengandung sirup. Di hari yang cukup panas, es tentunya menarik perhatian anak-anak. Pastikan mereka mendapatkan es yang layak minum dengan memperhatikan asupan nutrisinya. Misalnya, kita bisa menyediakan jus buah segar yang dibekukan menjadi es batu atau memberi anak-anak jus dengan tambahan es batu. Untuk membuatnya lebih bervariasi, kita bisa mencampurkan jus buah dengan yoghurt, dan membekukannya menjadi semacam es bonbon buatan sendiri :).

sumber: practical parenting -may 2011
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar