Jumat, 01 Juni 2012

Pilih-Pilih MInuman Untuk Anak : Pilihan Yang Tak Terlalu Baik

Dibandingkan air putih dan susu tawar, jus buah bisa dikatakan kurang baik bagi anak. Jus buah sebenarnya berguna bagi pertumbuhan si kecil, akan tetapi sebaiknya mengkonsumsi buah dalam bentuk potongan buah segar ^^. Jus olahan atau pabrikan kemungkinan mengandung pemanis buatan dan kurang akan serat yang berguna bagi tubuh. Batasi konsumsi jus, sebab jus dapat menjadi penyebab beberapa hal berikut :
Jus dapat menyebabkan kerusakan gigi, terutama karena sifat asam dan kemungkinan adanya kadar gula yang tinggi didalamnya, bisa juga menyebabkan sakit perut, diare dan ketidakseimbangan pola makan;
Sifat asam dalam jus bisa menyebabkan perut kembung dan mengakibatkan anak enggan untuk makan makanan lainnya;
Jus olahan pabrik biasanya mengakibatkan adanya tambahan kalori yang tak perlu bagi tubuh dan berpotensi mengakibatkan kenaikan berat badan karena adanya kadar gula berlebih, terkadang kandungan kalori dalam jus seperti ini sama dengan kalori dalam sekaleng soft drink.

Kapan saat yang tepat menawarkan jus pada anak?
Tawarkan jus  pada anak  hanya pada saat tertentu saja, misanya saat pesta atau beberapa kali saja dalam sebulan.
Sediakan hanya jus yang terbuat dari 100% buah asli, jika ingin menambahkan gula, tambahkan dengan perbandingan  1:4, antara gula dan air.
Jika terpaksa membeli jus olahan, belilah dalam kemasan yang kecil (biasanya 125 ml).
Jangan sediakan jus bagi anak dalam botol (dot), sediakan dalam gelas atau cangkir dalam sekali penyajian.

sumber: practical parenting - may 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar