Jumat, 01 Juni 2012

Pilih-Pilih Minuman Untuk Anak : Pilihan Terbaik

Apa saja minuman yang layak dan sehat bagi anak-anak kita? Berikut saya coba intisarikan jenis-jenis minuman yang baik bagi anak, yang tidak terlalu baik bahkan jenis yang harus kita hindari untuk diberikan pada anak-anak kita.

Jenis Minuman yang Baik
Air Putih
Air adalah minuman terbaik bagi tubuh anak (dan juga orang dewasa). Air putih bebas lemak, gula dan garam, serta membantu menjaga kerja sistem pencernaan.
Bagaimana membiasakan anak minum air putih?
  • Mulai tawarkan pada anak segeas air dalam cangkir dengan sedotan segera setelah mereka bisa memegang sesuatu.
  • Berilah anak botol minuman yang menarik berisi air putih. Botol minuman yang bergambar atau berwar warni akan memudahkan mereka mengenali miliknya. Letakkan botol minuman tersebut di tempat-tempat yang mudah terlihat dan terjangkau di sekeliling ruangan di rumah.
  • Jadikan minum air putih menjadi menyenangkan dengan menambahkan beberapa potong es batu (jika memungkinkan bagi kesehatan anak, misalnya saat anak sedang tidak batuk/pilek), atau potongan buah beku.
Kapan saat yang tepat menawarkan anak untuk minum?
Anak perlu ditawari air secara teratur dan jangan lupa untuk selalu mengisi botol minuman anak paling tidak dua kali sehari untuk menjaga kebiasaan baik ini. Penting juga diperhatikan saat anak kita terlalu sering ke kamar mandi (toilet) untuk buang air kecil atau sedang dalam kondisi diare, ini berarti mereka membutuhkan lebih banyak cairan untuk tubuhnya. 

Susu
Susu adalah pilihan minuman sehat lainnya, akan tetapi lebih sehat jika menawarkan air putih terlebih dahulu saat mereka haus ^^. Susu secara alami mengandung lemak yang lebih tinggi dibanding jenis minuman lainnya serta mengandung nutrisi penting termasuk protein dan kalsium dan sekitar 90% air. Sebagai bagian diet sehari-hari, sebaiknya sediakan susu rendah lemak terutama bagi anak-anak yang berusia lebih dari 2 tahun.

Beberapa cara menarik minat anak untuk minum susu antara lain dengan menawarkan kepada mereka segelas susu setiap hari, atau bisa juga satu porsi yoghurt atau selembar keju. Jenis produk olahan susu ini juga baik untuk menjaga asupan kalsium bagi anak. Bisa juga dengan membuat  sendiri smoothies, yaitu dengan mencampurkan semua bahan yang terdiri dari buah, susu dan beberapa potong es batu. Perlu diingat bahwa minuman susu dengan rasa tertentu dan smoothies pabrikan mungkin mengandung tambahan gula atau pemanis buatan, jadi biasakan untuk mengecek kandungannya terlebih dahulu.


sumber : practical parenting - may 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar