Sabtu, 30 Juni 2012

Kiddos Dan Makanan Sehat : Mengenalkan Makanan Sehat Dengan Cara Bersenang-Senang

Saat anak-anak menyaksikan iklan makanan atau minuman di televisi biasanya mereka sangat tertarik, entah karena kemasannya, tampilan penyajiannya seperti yang tampak di layar TV atau cuma karena membayangkan rasanya. Padahal, kita tahu, tak semua yang diiklankan di media itu benar-benar baik bagi anak-anak, apalagi bagi kesehatan mereka. Beberapa waktu belakangan ini, saya dan keluarga sedang giat-giatnya mengajak anak-anak untuk selalu mencicipi hanya makanan rumahan saja ^^. Meskipun hanya makanan sederhana, setiap makanan yang di produksi di rumah sendiri bisa lebih terkotrol dari segi kesehatan dan kandungan nutrisinya.

Dari sebuah majalah parenting yang saya baca (practical parenting, dec, 2011) saya memperoleh informasi bahwa sebuah hasil penelitian yang masuk dalam The Journal of Pediatrics mengungkapkan bahwa orang tua dapat mengurangi dampak negatif dari tayangan iklan makanan atau minuman di TV, dengan cara memberikan contoh kebiasaan makan makanan sehat serta selalu menawarkan hanya makanan sehat seperti sayur, buah dan makanan olahan rumah kepada anak-anak. Berikut beberapa tips menarik dari Tara, seorang presenter CBeebies (saluran khusus anak-anak dari BBC) untuk menarik perhatian anak-anak agar menyukai sayuran, dengan cara yang menyenangkan :
Membuat Buku Resep Bersama Anak
Kita bisa melibatkan anak-anak saat membuat buku resep keluarga sendiri. Caranya, minta mereka menggambar jenis makanan (sayuran, buah, daging atau apa saja) yang mereka sukai, lalu minta mewarnainya dengan sebagus-bagusnya. Kita bisa menggunakan gambar mereka sebagai ilustrasi dari buku resep pribadi keluarga kita.
Membuat Kerajinan Tangan/Kliping
Dengan memanfaatkan katalog dari supermarket, gunting dan lem kita beraktivitas menyenangkan bersama anak-anak. Guntinglah gambar-gambar bahan makanan dalam katalog lalu tempelkan dalam selembar kertas menjadi sebuah daftar. Daftar ini menjadi panduan bagi anak-anak untuk menentukan jenis bahan apa yang mereka inginkan dalam makanan yang hendak kita masak untuk makan siang atau malam.

Bermain Kostum
Sajikan makan siang atau makan malam keluarga dengan menu yang dipesan oleh masing-masing anggota keluarga layaknya jika kita makan bersama di restoran atau rumah makan. Nah, saat makan bersama, masing-masing anggota keluarga harus mengenakn pakaian yang warnanya sama dengan jenis makanan yang mereka pesan. Misalnya hijau untuk ayah, karena ia memilih menu cah brokoli, dan orange untuk adik karena ia memilih jeruk sebagai pencuci mulut.
Sepertinya ide ini menarik dicoba ya...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar