Senin, 25 Juni 2012

Ide Belajar Di Rumah : Saat Bunda Pura-Pura "Bodoh" ..;)


Saya paling senang memanfaatkan waktu kosong anak-anak untuk bermain-main "nggak penting" dengan mereka. Ada salah satu permainan yang efektif saya gunakan untuk melatih kemampuan berhitung anak-anak. Ide permainannya sih sederhana saja. Ini tebak angka biasa, cuma di selingi aksi saya yang pura-pura "bodoh"..:p. Nah, biasanya, anak-anak saya, terutama little Ayomi yang masih polos, akan tampak antusias jika saya memasang wajah berkerut atau menunjukkan mimik bingung dan kesulitan menemukan jawaban dalam permainan tebak angka ini. Sehingga ia akan lebih bersemangat bermain bahkan tak sabar memulai tebakan yang berikutnya..:D.

Mau tau cara bermainnya?. Mula-mula, saya minta Ayomi memilih satu angka misanya diantara 1 s.d. 50, ia harus menyimpannya dalam catatan atau dalam pikirannya, dan tak boleh memberitahukan kepada siapapun. Selanjutnya, saya akan berusaha menebak angkanya, dengan cara menanyakan pada Ayomi "ciri-ciri" dari angka yang disimpannya. Sebelumnya, kami bersepakat terlebih dahulu, bahwa saya hanya diperbolehkan mengajukan 5 pertanyaan sebelum menebak angkanya. Jika saya berhasil, saya akan beroleh poin dan jika tidak berhasil, Ayomi yang akan memperoleh poin. 
Saya pun kemudian akan mulai bertanya pada Ayomi mengenai si angka, misalnya memulai dengan bertanya, "apa angka tersebut lebih besar dari 20?", jika ia mengangguk, saya akan meneruskan, "apakah angka tersebut bilangan genap?",  jika ia mengangguk lagi, saya kemudian melanjutkan, "apakah angka tersebut mlebih besar dari 25 tapi lebih kecil dari 40 ?" dan seterusnya. Intinya, setiap pertanyaan yang saya ajukan menantangnya untuk berpikir sejenak mengenai konsep-konsep matematika sederhana, seperti apa itu biangan genap/ganjil, konsep lebih besar dan lebih kecil dan sebagainya. 
Permainan iseng semacam ini juga bisa dimainkan bersama anak yang lebih besar. Bersama si kakak (9,5 yo) , pertanyaan yang saya ajukan bisa lebih beragam, diantaranya memasukan konsep kelipatan terkecil, faktor terbesar, pemangkatan dan sebagainya. Kalau sudah bermain-main begini, waktu luang pun tak cuma sekedar waktu luang..^^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar