Selasa, 19 Juni 2012

Ide Belajar Di Rumah : Please Tell Me That You Love Me..;)


gambar diunduh dari :http://www.dailygalaxy.com
Biasanya saat anak-anak melakukan hal-hal lucu atau berhasil mengerjakan sesuatu sendiri atau tiba saatnya tidur malam, saya terbiasa mengucapkan, "Bunda sayang padamu..", :)..hehe..lebay yah?..nggak juga ah, senang rasanya saat melihat mereka tersenyum bangga lalu balas memeluk saya. Puteri saya yang kedua, (sekarang 5 th 10 bln), sejak kecil memang paling suka meniru-niru apa yang saya lakukan. Jadi jika saya bilang, "bunda sayang padamu," ia spontan membalas, "no..no..aku yang sayang bunda," katanya. Begituuuu terus dan lama kelamaan antara saya dan dia sepertinya malahan sering berbalas kata "sayang", bahkan tanpa alasan apapun..:D.

Nah, sewaktu ia mulai tertarik pada angka-angka, saya mulai menjadikan momen istimewa berbalas kata "sayang" ini sebagai salah satu cara melatihnya membilang. Setiap kali saya mengucapkan "bunda sayang padamu", saya tambahkan sebentuk angka dibelakangnya, misalnya, "bunda sayang padamu sepuluh", lalu ia pun akan membalas saya dengan tak mau kalah, "aku sayang bunda dua puluh"..:D..gotchaaa...berhasil kan cara saya memancingnya membilang bilangan. Tambah lama saya menambah latihannya dalam bentuk tulisan, tentu saja saat ia mulai mengenal bentuk angka-angka. Di kertas, saya akan menulis pesan "bunda sayang padamu 15", saya lalu akan menunjukkan angka lima belas padanya dan meminta ia yang menyebutkan angkanya. Setelah itu saya minta ia pun menulis balasan dengan  "angka" di kertas pesannya. Hingga waktunya ia belajar berhitung, saya tambahkan "tingkat kesulitannya", di kertas pesan saya akan tulis "bunda sayang kau (12+8)..;) " dan sebagainya ^^.

Sampai sekarang, kebiasaan saya belum berubah, dan angka yang bermain-main diantara kami makin banyak saja, termasuk operasinya, kadang muncul penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian ^^. Untunglah dia belum bosan bermain-main seperti ini, jadi berhitung berapapun banyaknya tetap oke selama bunda "sayang" padanya..^^...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar