Senin, 04 Juni 2012

Cemilan Sehat Kiddos : Brokoli

 gambar diunduh dari : http://www.fatburningfurnace.com

Apakah anak-anak di rumah mau mencoba dan menyukai brokoli? ;), Brokoli termasuk anggota keluarga Brassica, sama dengan kembang kol. dan kubis. Jenis sayuran yang satu ini menghasilkan gas tetapi baik bagi tubuh karena merupakan sumber serat yang membantu kerja sel dalam tubuh. Brokoli merupakan sumber vitamin A, C, vitamin B kompleks dan juga folat. Berikut adalah beberapa ide penyajian brokoli bagi anak-anak kita :
Bayi
Brokoli dapat disajikan dengan mencampurnya dengan kentang atau ubi jalar. Perpaduan makanan ini cocok untuk bayi yang baru belajar makan karena tekstur brokoli yang tidak berserbut sehingga mudah di kunyah dalam muut.

Batita
Sediakan bagi batita kita brokoli rebus atau kukus bersama dengan jenis sayuran lain seperti wortel dan kacang polong. Sayuran kukus ini merupakan pilihan yang tepat sebagai cemilan sehat anak-anak. Tambahkan saus tomat atau mayonaise.

Balita
Balita sudah mulai bisa menolak untuk memakan sayuran karena mereka kurang menyukai rasa aslinya. Agar anak tertarik mencoba brokoli, kita bisa menjadikannya campuran dalam makanan lain, seperti mi goreng seafood atau nasi goreng. Bisa juga kita menggorengnya dengan cara mencelupkan brokoi yang di potong per kuntum ke dalam telur ayam yang di kocok lepas dan menyajikannya dengan ditemani saus tomat atau mayonaise.

referensi : diskusi dengan Kate Di Prima (ahli gizi tersertifikasi) dalam majalah practical parenting edisi  may 2011




 

2 komentar:

  1. Bagusnya memang sekarang sudah dikemas dalam bubur bayi, kalau brokoli segar anak saya yang sudah kelas 5 SD saja masih susah untuk dibujuk makan sayur. Thks infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 bunda..semoga gak bosan2 mengajak sikecil makan sayur dan berkreasi dengan sayuran dalam makanannya ya..:)..

      Hapus