Rabu, 27 Juni 2012

Cemilan Sehat Kiddos: Alpukat

Dengan rasanya yang creamy dan gurih, alpukat merupakan salah satu cemilan yang sehat buat kiddos. Alpukat merupakan sumber folat, vitamin C, vitamin E, niacin dan potasium serta mengandung lemak tak jenuh tunggal yang termasuk jenis lemak yang baik bagi tubuh. Alpukat dapat dimakan begitu saja selayaknya buah atau menjadi alternatif olesan seperti mentega, dengan cara mencampurkannya dengan krim keju, yoghurt atau bersama dengan keju ricotta dijadikan sebagai dip / sejenis cocolan untuk teman makan keripik atau crackers. Di lain waktu bisajuga kita menyajikan alpukat dalam bentuk toping untuk pizza. Berikut beberapa ide penyajian alpukat :

UNTUK BAYI
Alpukat tepat diberikan kepada bayi sebagai makanan pertama mereka sejak mereka berusia enam bulan. Teksturnya yang lembut dapat dihaluskan dengan mudah. Kita bisa mencampurkan alpukat ke dalam yoghurt (tanpa rasa/plain) atau pisang sebagai tambahan rasa dan menjadikannya makanan yang penuh nutrisi bagi bayi kita.

UNTUK BATITA
Alpukat yang telah dihaluskan dapat diolekan ke atas selembar rti panggang atau muffin/cupcakes. Alpuat juga bisa menjadi pengisi roti saat kita membuat roti isi dengan menambahkan beberapa iris keju bersamanya atau lembaran daging asap. Alpukat yang dihaluskan dan dicampur dengan krim keju bisa juga disajikan sebagai cocolan saat anak-anak memakan crackers  mereka.

UNTUK BALITA
Untuk memvariasikan cemilan kiddos, kita bisa jadikan potongan alpukat sebagai topping dalam pizza buatan rumah, roti panggang atau kebab. Bisa juga kita tambahkan daging alpukat yang dikerok atau di potong-potong ke dalam salad, kedalam isian sushi atau menjadi campuran saus pasta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar