Jumat, 08 Juni 2012

10 Langkah Mengajarkan Cara Berbagi : 1. Mulailah Sejak Dini

 gambar diunduh dari: http://3.bp.blogspot.com/
Sampai  kira-kira berusia tiga tahun, anak-anak berpikir bahwa dunia tercipta untuk memenuhi keinginan mereka. Pada dasarnya memang belum waktunya bagi mereka untuk memahami arti berbagi. Akan tetapi, lebih baik jika kita sebagai orang tua mulai mengajarkan kepada mereka kebiasaan berbagi dengan cara belajar bersama dan mempraktikannya serta memberikan mereka contoh yang baik untuk diikuti. Berikut adalah cara sederhana mengajarkan anak-anak bahwa berbagi adalah salah satu bentuk kepedulian :
Mulailah Sejak Dini
Mainan pertama bayi kita merupakan sarana untuk mengajarkan pertama kali tentang konsep berbagi pada bayi. Sebagai contoh, sewaktu kita memberikan mainan kepada bayi kita ajarkan sebentar bagaimana cara ia memainkannya, dengan cara meletakan mainan ke tangannya dan membantunya menggerakkan tangannya. Kemudian ambil kembali mainan itu dan mainkanlah oleh kita sendiri selama beberapa saat, lalu kembali berikan pada bayi kita, demikian, selama waktu bermain kita dan bayi berganti-ganti memainkan mainan yang sama. Aktivitas ini akan membantu mengajarkan pada bayi bahwa ia dapat berbagi satu hal dan tetap merasakan kegembiraan bersama.

Lanjutkan pola berbagi semacam ini saat ia telah mencapai usia batita, sembari tak ketinggalan memberikan dorongan secara verbal, semisal, "bolehkah Bunda meminjam mainanmu? ", atau "sekarang giliran Bunda memainkan ini ya?" dan jangan lupa berilah penghargaan bila batita kita mau berbagi dengan mengucapkan terima kasih padanya.

Tetaplah berpikiran positif dan jangan mudah menyerah jika anak-anak ngambek atau berkeras tak mau berbagi. Dengan kesabaran kita, mereka akan tetap bisa belajar membiasakan diri dengan hal baik tersebut.

referensi : practical parenting, dec 2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar