Sabtu, 12 Mei 2012

Kenali Bayi Kecil Kita Mulai Sekarang (Knowing Our Little Baby)

Minggu-minggu dan bulan-bulan awal kehidupan bayi sangatlah istimewa, karena saat itu menjadi dasar bagi kehidupan  si bayi kelak. Saat ini menjadi tahap pertumbuhan tercepat otak dan tubuh bayi, termasuk pola-pola belajar mengenai dunianya dan bagaimana ia menjadi manusia yang utuh. 
Bayi terlahir kedunia dengan segenap potensi. Bagaimana mereka di besarkan dan direspon oleh orang-orang sekitarnya pada awal kehidupannya akan menjadi penentu bagaimana mereka tumbuh sebagai makhluk sosial dan bahkan bagaimana pikiran mereka akan bekerja dikemudian hari.
Bayi kecil kita butuh rasa aman saat pertama kali ia bersentuhan dengan dnia barunya, rasa aman ini akan menjadi modal utama saat ia menumbuhkan rasa percaya diri dan keberaniannya. Untuk memulai memberinya rasa aman, sebagai orang tua, kita bisa memberinya ASI atau makanan (saat ia muai bisa makan) saat ia lapar, memberinya pakaian dan mengatur suhu ruangan yang cukup nyaman untuknya, memberinya tempat tidur yang nyaman dan aman serta merespon panggilannya saat ia menangis. Jika tak ada seorangpun yang datang kala ia menangis, bayi akan benar-benar merasakan ketakutan, sama halnya seperti saat orang dewasa tersesat di empat yang sama sekali tidak dikenalnya.

Bayi juga perlu merasakan kehangatan dan kasih sayang dari orang yang peduli padanya. Perlu seseorang yang benar-benar peduli padanya untuk membantu bayi mulai belajar bahwa mereka bisa menjalin hubungaan dan mengembangkan kemampuannya bersosialisasi. 

Untuk belajar mengetahui bahwa dirinya adalah individu yang mandiri, bayi harus merasakan bahwa setiapkali ia mengirimkan pesan-pesan kepada dunia, ia akan selalu didengarkan dan direspon oleh dunia sekitarnya. Ini membuat mereka menjadi bagian dari satu hubungan dan  akan mulai belajar berbicara. Bayi berusaha berbicara pada kita dengan banyak cara, terutama dengan cara tersenyum dan menunjukkan ketertarikannya pada sesuatu, dengan menghindar atau melengos saat ia tidak menyukai sesuatu atau bosan melakukan sesuatu dan dengan menangis saat  ia merasa tak nyaman. Sebagai orang tua, kita tentu akan banyak belajar tentang tanda-tanda dan pesan yang ingin disampaikan oleh bayi kita.

Bayi juga membutuhkan persetujuan kita serta dukungan untuk bereksplorasi dan mencoba hal-hal baru yang ditemuinya. Ia butuh diawasi dan butuh belajar untuk  tahu kapan saatnya perlu meminta bantuan pada kita dan kapan ia bisa melakukan sesuatu sendiri.

Jika bayi kita memiliki semua pengetahuan ini, berarti ia telah memiliki awal yang baik untuk memulai hidupnya di dunia, menyiapkan sebagian besar dasar bagi proses pembelajarannya kelak, memiliki dasar untuk bersosialisais dengan orang lain dan dapat memperoleh banyak peajaran dari kehidupannya.
 
referensi: Publishing - Parenting SA , Children, Youth and Women's Health Service, 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar