Rabu, 30 Mei 2012

Bagaimana Mengatur Rutinitas Bagi Bayi ?

Bayi lebih sering tidur dalam jangka waktu yang pendek dan mudah sekali terbangun. Kebanyakan orang tua baru menghadapi masa-masa dimana mereka mesti sering mengecek bayi mereka apakah bayi mereka sedang tertidur ataukah terbangun. Masa-masa ini normal adanya, meskipun kadang terasa merepotkan.  Bagaimana cara kita mengetahui kebiasaan bayi ? Beberapa hal berikut bisa dijadikan panduan:
  • Ikutilah pola kebiasaan bayi kita mulai dari saat memberinya ASI/PASI (makan/minum), kebiasaan tidur dan bermain untuk membantu bayi dan orang tua mempelajari apa yang akan dilakukan dan dinginkan bayi setelah satu aktivitas dilakukannya.
  • Mulailah hari dengan memberi bayi ASI/PASI (makan/minum) setelah bayi bangun pagi. Bayi mungkin akan membutuhkan waktu istirahat atau tidur sejenak sekitar satu atau dua jam setelah mereka bangun pagi, tergantung dari usianya.
  • Ajaklah dan doronglah bayi untuk bermain setelah mereka selesai makan/minum di pagi hari dengan memperhatikan munculnya semangat bereksporasi mereka (biasanya sudah terlihat saat bayi berusia 3-4 minggu). Bermainlah sebentar  bersama bayi kita sebelu mereka siap untuk beristirahat / tidur sejenak .
sumber : practical parenting - may 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar