Jumat, 09 Maret 2012

Membaca Secara Bertahap (Leveled Reading)

Inti dari membaca secara bertahap  adalah bahwa untuk menjadikan anak kita seorang pembaca yang baik, ia melewati beberapa proses untuk mengasah keahliannya dalam membaca. Pada saat anak mulai dikenalkan pada kegiatan membaca, anak akan memulai dengan membaca hal-hal yang sederhana, dimulai dari belajar cara berucap (berbicara), pengenalan huruf, mengeja, baru kemudian membaca. Membaca pun dimulai dari membaca materi bacaan yang sederhana dan seterusnya hingga materi bacaan yang mengandung tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Orang tua  dapat mengevaluasi seberapa baik keahlian anakanak nya membaca dengan berbagai pendekatan. Hasil evaluasi ini kemudian di cocokkan dengan buku-buku/ bahan bacaan yang cukup menantang bagi anak-anak agar mereka terus bisa meningkatkan keahlian membacanya.

Buku dikategorikan menjadi beberapa tingkat kesulitan sesuai dengan tingkat keahlian membaca anak. Beberapa metode tingkatan membaca  yang umum diterapkan adalah sebagai berikut:

 Membaca Bertahap dengan Panduan (Guided Reading Level /GRL)

Dengan metode ini, anak akan membaca dengan didampingi oleh orang tua atau guru atau orang lain yang berkompeten dan membaca dari buku sesuai benchmark (yang disarankan untuk anak usia tertentu/ kelas tertentu di sekolah). Anak akan diminta untuk menjawab pertanyaan-pertanaan seputar isi buku atau diminta untuk menceritakan kembali sisi buku yang dibacanya. Orang tua atau guru dapat menggunakan catatan khusus untuk mencatat dan menghitung jumlah kesalahan yang terjadi saat anak membaca. Level buku yang biasa digunakan berlabel A-Z dengan A mewakili kelompok dengan tingkat kesulitan terendah.


Developmental Reading Assessment (DRA)

Sama dengan metode GRL di atas, anak akan membaca dari buku-buku yang ditentukan sesuai benchmark. Anak membaca dihadapan orang tua atau guru dan kemudian diminta utnuk menceritaan kembali isi buku yang dibacanya. Orang tua atau guru kemudian memberi penilaian atas keahlian membaca anak seperti ketepatan pengucapan saat membaca, komprehensi dan kelancaran. Berdasarkan sistem ini, buku dengan kategori termudah adalah buku-buku dengan level A dan dilanjutkan dengan tingkatan numerik mulai level 1 s.d. 80.


Lexile® Measures
Anak-anak mungkin menerima pengukuran Lexile  lewat salah satu cara, yaitu: dengan mengambil kursus Scholastic Reading Inventory (SRI), yang dirancang khusus untuk memenuhi standar Lexile dalam mengukur keahlian membaca, atau dengan mengambil tes tingkatan membaca yang terstandarisasi dan kemudian mengkonversi hasil tes tersebut ke standar pengukuran Lexile. Lexile  juga mengevaluasi buku-buku berdasarkan tingkat kesulitan dengan tingkat kesulitan mulai 200L hingga 1700 L untuk tingkat pembaca mahir (advance).

sumber :
http://www.scholastic.com/
http://www.lexile.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar