Kamis, 08 Maret 2012

Apa Itu Bullying?

Bullying adalah masalah serius yang menyebar dan dapat terjadi dimana saja. Hal ini bukan merupakan salah satu fase yang harus dilalui seorang anak, ini juga bukan masalah kekacauan semata, dan juga bukan sesuatu yang layak dibiarkan membesar. Bullying  dapat menyebabkan rasa sakit yang lama dan serius bagi mereka yang mengalaminya.
Orang yang menjadi korban bullying adalah mereka yang mengalami perlakuan negatif dari seseorang atau sekelompok orang, yang terjadi berulang-ulang dan dalam jangka waktu yang lama dan mereka mengalami kesulitan membela dirinya (Olweus, 1993). Bullying juga digambarkan sebagai “penyalahgunaan kekuasaan secara sistematis” (Smith, 2004).
Sekalipun definisi bullying  beragam, hampir semuanya setuju bahwa tindakan bullying  mengandung poin-poin sebagai berikut :
  • Ketidakseimbangan kekuatan: orang yang mem-bully orang lain menggunakan kekuatan untuk mengatur atau menyakiti dan mereka yang menjadi korban harus berusaha keras untuk membela diri;
  • Bertujuan untuk menyakiti: perbuatan yang dilakukan secara tidak sengaja buan termasuk kategori  bullying ; orang yang suka mem-bully  memiliki maksud untuk menyakiti orang lain;
  • Dilakukan secara berulang: bullying  dilakukan terhadap seseorang secara berulang-ulang oleh orang yang sama atau oleh kelompok yang sama.

Tipe-tipe Bullying

Bullying dapat terjadi dalam berbagai bentuk, termasuk didalamnya:
Verbal : seperti memanggil dengan nama-nama yang buruk, mengejek;
Sosial   : 
menyebarkan rumor/gosip, mengucilkan teman tanpa alasan, mengakhiri hubungan persahabatan;


Fisik     : memukul, meninju, mendorong;
Cyberbullying:
menggunakan internet, telepon selular atau teknologi digital lainnya untuk menyakiti orang lain, seperti memberi komentar yang buruk pada status Facebook teman, mengirim pesan mengancam via sms atau BBM, mengunggah foto yang tidak senonoh milik teman dan sebagainya.

Perilaku bullying  bisa memenuhi salah satu atau lebih kriteria tersebut di atas.

    Sumber : http : // www.bullyingpreventioninstitute.org/



      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar